Penumpang Terus Meningkat Saat Masa Libur, Ini Aturan Naik KRL Terbaru

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 07/Jul/2022 17:00 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Memasuki saat musim libur sekolah dan akan tiba libur Idul Adha, jumlah penumpang KRL pun meningkat. KAI Commuter sebagai operator KRL, mengingatkan penumpang untuk taati peraturan naik transportasi masal. 

"Seiring dengan penambahan tren pengguna, KAI Commuter saat ini mengoperasikan sebanyak 1.081 perjalanan KRL dengan sebanyak 95 Loop mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB tiap harinya," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Kamis. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Saat ini perseberan pengguna pada hari kerja terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan pada jam-jam sibuk sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB. KAI Commuter juga menambah perjalanan KRL Feeder Tambahan tiap hari untuk relasi Manggarai - Angke/Kampung Bandang sebanyak 27 perjalanan dan untuk relasi Manggarai – Bekasi PP sebanyak 4 perjalanan dengan headway perjalanan KRL Feeder tersebut selama 10 menit. 

Dengan memasuki masa libur sekolah, pantauan di lapangan saat ini pengguna musiman juga memanfaatkan waktu liburan dengan menggunakan KRL untuk menuju stasiun yang dekat dengan lokasi tempat wisata seperti Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Pasar Minggu dan Stasiun Bogor. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Penumpang pun, juga diimbau untuk menaati segala aturan yang ada di stasiun maupun di dalam KRL. Begitu juga saat membawa anak-anak saat suasana ramai. 

"Kami imbau pengguna yang memanfaatkan masa libur sekolah dengan membawa anak-anak agar menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk tersebut," sebut Anne. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Penumpang juga diimbau untuk merencanakan perjalanan dengan cermat, gunakan aplikasi KRL Access untuk mendapatkan info kepadatan di stasiun, posisi KRL yang akan dinaiki secara real time, dan jadwal perjalanan KRL. Selalu gunakan KMT, kartu uang elektonik bank atau pembayaran QR Code agar terhindar dari antrean saat membeli tiket di stasiun. 

Anak-anak minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket. 

"Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan," kata Anne. 

Penumpang juga diminta, untuk tidak membawa barang bawaan melebihi ketentuan dengan dimensi ukuran, yaitu 40 x 30 x 100 cm. 

KAI Commuter juga terus mengajak, untuk mendahulukan pengguna yang berkebutuhan khusus dalam penggunaan fasilitas-fasilitas pelayanan seperti lift dan eskalator.(fhm)