Stasiun Tambun hingga Cikarang Disiapkan Untuk Naik Turun Penumpang KA Jarak Jauh

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 08/Jul/2022 13:52 WIB
Foto/dok.KAI Foto/dok.KAI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Stasiun Manggarai sedang dalam proses pembangunan menjadi stasiun sentral pertama di Indonesia. Dalam menunjang pengoperasiannya itu, beberapa stasiun besar di jalur Manggarai - Cikarang akan dioperasikan untuk Kereta Api (KA) jarak jauh. 

Beberapa Stasiun besar tersebut antara lain Stasiun Jatinegara, Tambun Bekasi, dan Cikarang. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri kepada media dalam acara Ngobrol Santai Perkeretaapian tentang Pengembangan Stasiun Manggarai, Kamis (7/7/2022). 

Baca Juga:
Di Hadapan Menhub, Walkot Bobby Minta Tambahan Stasiun dan Kereta Api

"Nanti akan ada stasiun-stasiun besar yang juga dibangun seperti mulai dari Manggarai yang sedang dalam proses pembangunan, ada Jatinegara yang sudah mulai dioperasikan, ada stasiun Bekasi, dan ada juga Cikarang. Dalam rangka membantu beban-beban kita di Manggarai nantinya, atau yang sekarang di Gambir, atau di Senen atau yang lainnya" ujar Zulfikri. 

"Nah ini sudah kita mulai juga untuk melayani Kereta Api Jarak Jauh. Di Cikarang, saat ini di Bekasi juga ada," tambahnya. 

Baca Juga:
DJKA Tawarkan Investasi Bisnis Kereta Api ke Negara Tetangga dan Swasta untuk Bangun Rel 2024

Zulfikri juga menambahkan, beberapa stasiun tersebut termasuk ke dalam 14 stasiun yang dibangun atau direvitalisasi di jalur Manggarai - Cikarang. 

"Ada pembangunan 14 stasiun dari Manggarai sampai Cikarang. Kita akan selesaikan, tahun ini selesai. Jadi selesai itu Manggarai sampai Cikarang," kata ZUlfikri. 

Baca Juga:
Pembangunan Perkeretaapian Butuh Dukungan Mitra Nasional dan Internasional

Perbaikan ini akan dilakukan baik dari segi fasilitas umum, jalur kereta yang akan dibangun menjadi double-double track (DDT), dan elektrifikasinya, yang sudah lebih dulu pada tahun 2017 di jalur Bekasi-Cikarang. 

"Yang masih berproses sekarang ialah Stasiun Sentral Manggarai, juga masih berproses Stasiun Bekasi, dan Stasiun Tambun yang tahun ini akan diselesaikan," tuturnya. 

Di sisi lain, ia menyampaikan penyelesaian pembangunan Double-Double Track (DDT) sendiri ditargetkan di Agustus 2022 ini. 

"Harapan kita semua stasiun di tahun 2022 ini akan selesai," kata Zulfikri. 

Sebagai tambahan informasi, proses pembangunan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral dimulai pada akhir bulan Mei 2022 dan diawali dengan Switch Over (SO) ke-5. Nantinya, Stasiun ini akan memiliki 18 Jalur kereta yang menyediakan jalur untuk kereta commuter dan kereta api jarak jauh. Pembangunannya ini ditargetkan rampung pada 2025 mendatang.(fhm)