Menhub Apresiasi Kerja Sama ASDP, Pelni, dan Pelindo

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 08/Jul/2022 15:32 WIB
Kolaborasi 3 BUMN Kolaborasi 3 BUMN

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi kerja sama strategis tiga BUMN yakni PT ASDP Indonesia Ferry, Pelni, dan Pelindo.

Baca Juga:
Persiapan Jelang Angkutan Lebaran, ASDP Tingkatkan Fasilitas di Pelabuhan Merak

"Kerja sama ini dapat memberikan suatu improvment mengingat angkutan laut sangat penting," ujar Menhub di Jakarta, Jumat (8/7/2022).

Pada angkutan laut, kata dia, selain angkutan logistik, layanan penumpang juga penting karena Indonesia merupakan negara kepulauan.

Baca Juga:
BMKG: Waspadai Gelombang Ekstrem Tinggi hingga 6 Meter Lebih di Wilayah Indonesia

Dengan kerja sama ini maka akan memberikan efisiensi bagi tiga BUMN dan suatu nilai tambah untuk angkutan penumpang dan barang.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengungkapkan, kerja sama dengan dua BUMN ini untuk meningkatkan layanan dan kemudahan bagi pengguna jasa.

Baca Juga:
MTI Multi SCM Gelar Audit Surveillance, Pertahankan Sertifikasi SMAP

Dengan Pelindo di antaranya akan bekerjasama  pemanfaatan Pelabuhan Ciwandan, Banten dan Panjang, Lampung.

"Sementara waktu, akan dilakukan pada waktu tertentu seperti persiapan untuk Nataru," katanya.

Sedangkan kerja sama dengan Pelni menurut dia dalam waktu dekat akan dilakukan integrasi tiket online. 

Dengan begitu nantinya akan memberi kemudahan bagi pengguna jasa saat akan menggunakan kapal ASDP dan Pelni di suatu Pelabuhan yang sama.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono menambahkan, kerja sama strategis ini untuk sementara baru akan dilaksanakan di Pelabuhan Ciwandan dan Panjang.

"Nanti akan ditindaklanjuti lagi pelabuhan mana yang akan dikerjasamakan, sementara pada dua pelabuhan itu dulu," ungkapnya.

Direktur Utama Pelni Tri Andayani menyampaikan bahwa tujuan dari kerja sama tersebut akan memberikan efisiensi bagi pengguna jasa di pelabuhan.

"Nanti ada integrasi tiket antara ASDP dan Pelni," ucapnya. (omy)