Pelni: Ayo Naik Kapal Laut!

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 08/Jul/2022 21:36 WIB
Penumpang kapal Pelni ceria di perjalanan Penumpang kapal Pelni ceria di perjalanan

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pelni mengajak masyarakat pengguna jasa transportasi umum untuk naik kapal laut.

Baca Juga:
Tiket Mudik Gratis Kapal Laut Sedot Minat Masyarakat

Perusahaan BUMN itu mengklaim bahwa beberapa bulan terakhir, terjadi peningkatkan jumlah penumpang kapal.

Hal itu di antaranya dampak harga tiket pesawat yang terus meroket akhir-akhir ini.

Baca Juga:
Persiapan Angleb, Pelni Tingkatkan Fasilitas Kapal dan Dorong Pemudik Pesan Tiket di Aplikasi

"Jika dilihat dari periode Februari 2022, dari data Pelni jumlah penumpang tercatat 146.344, lalu pada Maret 159.565, kemudian memasuki April tercatat 256.960. 

"Pada Mei tercatat 371.363 penumpang. Per 12 Juni jumlah penumpang telah menyentuh 125.792," kata Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang PT Pelni Sukendra, Jumat (8/7/2022).

Baca Juga:
Pelni Pastikan 56 Kapal Layak Laut dan Operasi di Angleb 2024

Bila ditotal periode Januari sampai dengan Juni penumpang kapal di Pelni sudah nyaris tembus 1,3 juta.

Dia mengungkapkan, angka ini naik dibandingkan dengan low season periode Maret. 

"Ada kenaikan rata-rata per minggu. Dibandingkan pada minggu low season periode Maret dan minggu kedua bulan Juni," kata dia.

Menurut dia, sekarang banyak masyarakat yang beralih moda transportasi. Apalagi sekarang pembelian tiket kapal laut semakin mudah dan fasilitas yang ditawarkan tak ketinggalan zaman.

Sukendra mencontohkan KM Doloronda yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Yos Sudarso Ambon memiliki segudang fasilitas. 

Mulai dari pembelian tiket yang kini lebih mudah yaitu memesan via website atau aplikasi Pelni Mobile. Dulunya pembelian harus ke kantor cabang Pelni. 

"Ini mudah karena tak harus berdesakan dengana ntrean ketika membeli tiket. Hal ini juga membuat hilang para calo tiket bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun," ujarnya.

Kemudian untuk makanan juga lebih baik dibandingkan periode tujuh tahun lalu. 

Dulunya Pelni masih menggunakan sterofoam yang tak ramah lingkungan. Kini menggunakan kotak makan yang ramah lingkungan. 

Selanjutnya menu makanan juga sehat karena tak cuma nasi, lauk dan sayuran. Namun diberikan suplemen berupa susu, jus atau biskuit yang mengkuti jadwal dari makanan harian.

Di kelas ekonomi juga ada terminal listrik untuk mengisi daya smartphone. Dulunya para penumpang mengantre di mengisi daya di kantin. 

"Lalu tersedianya mini bioskop bahkan Play Station semakin memanjakan para penumpang. Ada juga kios kios makanan seperti Pelni Mart yang menjual berbagai macam jajanan. Lalu Dapoer Pelni yang menyediakan masakan siap saji, bahkan kios fesyen yang menjual pakian pria dan wanita juga tersedia dalam kapal," imbuh dia.

Sukendra menyebut sekarang semua kapal Pelni dilengkapi dengan sinyal telepon dan SMS tanpa data. 

Sebenarnya, terdapat wifi yang bisa mengakses internet, namun itu hanya bisa digunakan untuk kebutuhan navigasi kapal. Namun, dengan adanya sinyal telepon di tengah laut merupakan sebuah perubahan besar. 

"Tak ada lagi kata-kata sulit sinyal ketika berlayar bersama Pelni. Semoga dalam beberapa waktu mendatang, sinyal internet sudah bisa menemani penumpang berlayar," pungkasnya. (omy)