Kapal Pesiar Carve Diem Terbakar Dekat Bui 4 Pantai Mutiara, Alhamdulillah 23 Penumpang Selamat

  • Oleh : Naomy

Minggu, 10/Jul/2022 06:01 WIB
Personel PLP Tanjung Priok pasamkan kebakaran kapal pesiar Personel PLP Tanjung Priok pasamkan kebakaran kapal pesiar

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kapal pesiar Carve Diem dilaporkan terbakar dekat Bui 4 depan Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Sabtu (9/7/2022) malam.

Baca Juga:
KSOP Tj Balai Karimun Kerja Sama dengan Pemkab Karimun Gelar Diklat SKK 60

Kapal tersebut dalam pelayaran dari Pulau Payung arah balik ke Pantai Mutiara Blok E.30 Pantai Mutiara yang diduga disebabkan oleh konseleting arus listrik dari dalam Kamar Mesin.

Sebanyak pelayar 23 orang (tiga orang kru kapal , 20 orang penumpang ) berada dalam kapal tersebut.

Baca Juga:
Meriahkan Harhubnas, KSOP Tg Balai Karimun Gelar Donor Darah

Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok berdama unsur terkait turut membantu memadamkan api dan menyelamatkan penumpang.

"Usai bertemu dengan Team Quick Respon Patroli Rutin dari Pos Kamla Muara Baru, langsung melakukan pertolongan ABK dan Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Carve Diem, alhamdulilah selamat semua," jelas Kepala PLP Tanjung Priok Capt. Wahyu Prihanto.

Baca Juga:
Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok Gelar Kegiatan Bersih Pantai Bersama dengan Stakeholders di Pulau Untung Jawa dalam Rangka Rangkaian Kegiatan Harhubnas 2022

Pada kesempatan itu ada dua orang saksi yang tengah berada di sekitar tempat kejadian musibah kapal.

Menurut keterangan saksi, terdengar suara ledakan melihat adanya kumpulan asap setelah dilakukan pengecekan asal api dari kamar mesin.

Selanjutnya setelah saksi memastikan bahwa sumber asap berasal dri dalam kamar mesin yg berada di Dek Bawah, Saksi melaporkan kejadian tsb kepada pemilik Kapal  (Anton).

"Pada saat patroli dari pos Muara baru melintas ada kapal ikan KMJ.59 dengan nahkoda Indra Setiawan, melakukan pertolongan dan evakuasi para ABK dan penumpang," urainya. 

Selanjutnya dibawa pindahkan ke Speedboat Daeop (nahkoda Basri) dan Payung Express (Nahkoda Arif), dibawa ke Pantai mutiara Blok R.30 dengan selamat.

Adapun Team Quick Respon sebanyak empat personel piket Patroli rutin dari Pos TNI AL MUARA BARU (Serda Yuswadi, Kopda Bashori, motoris Madi dan Tukul ) ngsi Polsek Kws serta satu personel dari Posal Pantai Mutiara (Peltu Ari Sarsanto).

"Saat ini pihak berwenang tengah melakukan penyidikan lebih lanjut," ungkap Capt. Wahyu.

Adapun tim PLP Tanjung Priok juga dengan sigap telah berhasil memadamkan api kebakaran kapal tersebut dan tenggelam. (omy)