Progres Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4, Akan Seberangi Banjir Kanal Timur

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 13/Jul/2022 16:18 WIB
foto:BeritaTrans.com/ahmad foto:BeritaTrans.com/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Proyek pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing masih terus berlangsung terutama pada seksi 4, yaitu ruas Tarumajaya-Cilincing. 

Baca Juga:
Tarif Gratis, Truk-Truk Besar Angkut Logistik Berseliweran di Tol Cibitung-Cilincing Sepanjang 24,75 Kilometer

Seperti pantauan BeritaTrans.com, proyek pembangunan pada seksi 4 akan menyeberangi Banjir Kanal Timur (BKT) dekat pintu air Weir 3 Marunda, Jakarta Utara, Rabu (13/7/2022).

Jalan Tol Cibitung - Cilincing yang melintas pada wilayah Kabupaten Bekasi di Jawa Barat dan Propinsi DKI Jakarta terbagi menjadi 4 seksi dengan total panjang keseluruhan mencapai 34,77 Km. Pada tahun 2021 lalu Jalan Tol Cibitung - Cilincing Seksi 1 ruas SS Cibitung – Telaga Asih sepanjang 2,6 Km sudah resmi dioperasikan. 

Baca Juga:
Bakal Diresmikan Jokowi, Akses Jalan Menuju GT Gabus Tol Cibitung-Cilincing Akan Diperlebar

Saat ini, Seksi Seksi 2 ruas Telaga Asih – Muara Bakti (10,3 km) progresnya mencapai 99,22%, dan Seksi 3 ruas Muara Bakti – Kanal Banjir Timur (14,35 km) progresnya mencapai 99,99%. 

Baca Juga:
Tol Cibitung-Cilincing Persingkat Waktu ke Pelabuhan Tanjung Priok

Kemudian untuk Seksi 4 ruas Tarumajaya - Cilincing (7,52 km) masih progres dan ditargetkan selesai konstruksinya pada akhir tahun 2022 mendatang.

Jalan Tol Cibitung – Cilincing akan menghubungkan konektivitas kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Selain itu juga memberikan dukungan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.

Nantinya Jalan Tol Cibitung - Cilincing dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan khususnya dari wilayah Timur Jakarta menuju Utara Jakarta. Jika sebelumnya dari Cibitung ke Tanjung Priok ditempuh sekitar 1 jam lebih lewat Japek dan tol dalam kota, namun dengan adanya Jalan Tol ini dapat ditempuh hanya setengah jam perjalanan.(ahmad)