Menhub Bilang, Pembangunan Bandara Dhoho Kediri Contoh Keterlibatan Swasta Bangun Konektivitas

  • Oleh : Naomy

Minggu, 17/Jul/2022 17:35 WIB
Menhub di sela tinjau pembangunan Bandara Dhoho Kediri Menhub di sela tinjau pembangunan Bandara Dhoho Kediri


KEDIRI (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bilang pembangunan Bandara Dhoho Kediri, Jawa Timur menjadi contoh keterlibatan swasta bandung prasarana konektivitas.

Dia mengajak partisipasi pihak swasta untuk turut membangun konektivitas transportasi baik di darat, laut, udara dan perkeretaapian. 

Baca Juga:
Presiden Jokowi Resmikan 4 Bandara di Sulawesi

"Bandara Dhoho Kediri merupakan salah satu proyek bandara yang dibangun dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)," ujar Menhub, Ahad (17/7/2022). 

Dalam hal ini, pembangunannya dilakukan oleh PT Gudang Garam melalui anak perusahaannya PT Surya Dhoho Investama.
 
“Proyek pembangunan Bandara Dhoho di Kediri bisa menjadi contoh bagi swasta yang lain. Mari kita bangun bersama konektivitas di darat, laut, udara dan kereta api. Kami menyambut baik peran swasta untuk berpartisipasi dan kami akan memberikan regulasi sebaik-baiknya,” urainya.
 
Menhub juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten, dan PT Gudang Garam, yang telah mendukung pembangunan bandara. 

Baca Juga:
Sah! Presiden Jokowi Resmikan Bandara Singkawang

“Progresnya berjalan baik dan Insha Allah menurut rencana pada Oktober 2023 sudah bisa dioperasikan,” katanya.
 
Kehadiran bandara ini diharapkan dapat melancarkan konektivitas antarwilayah khususnya di Jawa Timur bagian selatan, serta mendorong tumbuhnya titik ekonomi baru, pariwisata, dan perdagangan.

Selain itu, bandara ini juga diharapkan dapat melayani penerbangan haji dan umroh. 

Baca Juga:
Kemenhub Akan Tingkatkan Layanan Sejumlah Simpul Transportasi di Kalimantan

“Kita harapkan kehadiran bandara ini dapat memberikan suatu kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat di sekitar Kediri,” ucap Menhub.
 
Pada kesempatan yang sama Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyebut Bandara Dhoho merupakan pertama di Indonesia yang dibangun oleh perusahaan swasta dalam hal ini PT Gudang Garam Tbk. 

"Kediri nantinya akan menjadi episentrum baru penyangga Jawa Timur selain kota Surabaya," ucapnya.
 
Hingga Juni 2022, progres pembangunan Bandara Internasional Dhoho Kediri secara keseluruhan sudah mencapai sekitar 50%. Untuk pekerjaan tanah progresnya telah mencapai 83,16%, pada sisi udara atau airside 15,35%, dan pada sisi darat atau landside 3,06%.
 
Bandara ini nantinya akan memiliki panjang runway atau landas pacu berukuran 3.300 x 60 meter, apron commercial berukuran 548 x 141 meter, apron VIP berukuran 221 x 97 meter, 4 taxiway, dan lahan parkir seluas 37.108 meter persegi. 

Pada sisi darat, bandara ini akan memiliki terminal penumpang seluas 18.000 meter persegi berkapasitas 1,5 juta penumpang per tahun.
 
Turut hadir dalam peninjauan, Direktur Utama PT Surya Dhoho Investama Istata Taswin Siddharta, Staf Ahli Menteri Bidang Investasi dan Keuangan Kementerian Perhubungan Otto Ardianto, serta sejumlah Direksi PT Angkasa Pura I (Persero) dan pejabat terkait lainnya. (omy)