Sembari Meninjau Terminal Ir Soekarno Klaten, Menhub Sapa Penumpang

  • Oleh : Naomy

Minggu, 17/Jul/2022 18:51 WIB
Menhub aapa.penumpang di Terminal.Klaten Menhub aapa.penumpang di Terminal.Klaten

KLATEN (BeritaTrans.com) – Sembari meninjau Terminal tipe A Ir Soekarno Klaten, Jawa Tengah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sapa para penumpang di area tunggu.

Dalam kesempatan itu, Menhub menyatakan, Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk terus meningkatkan integrasi antarmoda di Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten.

Baca Juga:
Transisi Kendaraan Listrik Dimulai dari Sepeda Motor

"Agar pelayanannya semakin optimal," ujarnya, Ahad (17/7/2022).

Saat ini, angkutan dalam kota/perkotaan belum terjadi di terminal ini. Untuk itu, pihaknya akan bekerjasama dengan Pemda, agar angkutan perkotaan bisa masuk ke terminal.

Baca Juga:
Menhub Minta Percepatan Realisasi Perjanjian Kerja Sama Proyek Proving Ground pada Dubes Jepang

Hal itu sebagai upaya akan semakin memudahkan masyarakat untuk menggunakan angkutan umum baik di dalam kota maupun ke luar kota.
 
Saat ini, serah terima aset Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten dari Pemda (Pemkab Klaten) kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenhub masih dalam proses penyelesaian. 

Menhub berharap, kolaborasi dengan Pemda Klaten berjalan baik, sehingga revitalisasi Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga:
Jasa Raharja Jabar Hadir di Giat Upacara Kesaktian Pancasila yang Dipimpin Menhub

“Tadi ada beberapa catatan dari Bupati akan kami tampung, dan kita akan evaluasi mana yang bisa dijalankan oleh kami atau pihak lain,” tutur Menhub.
 
Sesuai Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pengelolaan semua terminal yang bertipe A menjadi kewenangan pemerintah pusat. 

Di Provinsi Jawa Tengah, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat mengelola sebanyak tiga terminal tipe A yakni Terminal Tirtonadi di Solo, Terminal Mangkang di Semarang, dan Terminal Ir. Soekarno di Klaten.
 
Revitalisasi Terminal Tipe A yang dilakukan oleh Kemenhub menerapkan konsep baru pengelolaan sebuah Terminal di Indonesia, memiliki integrasi antarmoda yang baik, serta memiliki nilai tambah yang mendukung berbagai sektor lainnya seperti pariwisata, industri, sosial, seni budaya, ekonomi dan sektor lainnya. 

"Diharapkan dengan dilakukannya revitalisasi Terminal Tipe A, akan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi massal khususnya Bus," imbuh Menhub.
 
Turut hadir mendampingj dalam tinjauan tersebut Bupati Klaten Sri Mulyani, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno dan Sesditjen Perhubungan Darat Marta Hardisarwono. (omy)