Perkuat Konektivitas dengan Timor Leste, Jokowi Ingin Buka Rute Kapal Kupang-Dili-Darwin

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 20/Jul/2022 09:24 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta melakukan pertemuan bilateral di Istana Bogor. Mereka sepakat untuk memperkuat konektivitas.(ist) Presiden Jokowi dan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta melakukan pertemuan bilateral di Istana Bogor. Mereka sepakat untuk memperkuat konektivitas.(ist)

BOGOR (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta melakukan pertemuan bilateral di Istana Bogor. Jokowi dan Jose Ramos-Horta sepakat untuk memperkuat konektivitas.

"Kita juga sepakat untuk memperkuat konektivitas, baik darat maupun laut, untuk jalur darat saya harapkan peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera dilakukan," kata Jokowi dalam pernyataan bersama di Istana Bogor, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga:
Pelindo Group Wilayah Kerja Makassar Gelar Halal Bihalal Idulfitri 1445 H

Khusus konektivitas laut, Jokowi menekankan pentingnya jalur kapal Kupang-Dili-Darwin. Selain itu, Jokowi juga ingin pembangunan perbatasan ditingkatkan.

"Dan untuk konektivitas laut saya menilai pentingnya untuk membuka rute kapal Kupang-Dili-Darwin. Kita juga sepakat untuk memperkuat pembangunan perbatasan," ujar Jokowi.

Baca Juga:
Rehabilitasi Pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida Dianggarkan Tahun 2025

"Saya harap pembangunan PLBN Napan dapat selesai tahun ini dan saya juga mendorong agar joint border committee dapat dilakukan kembali," sambung Jokowi.

Jokowi dan Jose Ramos-Horta juga sepakat perdagangan Indonesia dan Timor Lester agar terus ditingkatkan. Jokowi menyebut pertemuan bilateral ini sangat bersahabat dan produktif.

Baca Juga:
Sepanjang Libur Lebaran, Penumpang ASDP Naik 3%, Kendaraan 9%

"Kita sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan 2 negara dengan melihat tren perkembangan hubungan perdagangan yang terus positif. Saya yakin perdagangan 2 negara bisa terus ditingkatkan," ujar Jokowi.(fhm/sumber:detik)