Jelang Diresmikan Presiden Pascapengembangan, Menhub Tinjau Bandara Komodo

  • Oleh : Naomy

Rabu, 20/Jul/2022 16:12 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi di Bandara Labuan Bajo Menhub Budi Karya Sumadi di Bandara Labuan Bajo


LABUAN BAJO (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pascapengembangan, Rabu (20/7/2022).

Bandara ini direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo Kamis (21/7/2022).

Baca Juga:
Bandara Kertajati Kembali Layani Penerbangan Penumpang Mulai November

“Saya bersama pak Basuki (Menteri PUPR) datang ke Labuan Bajo untuk memastikan infrastruktur di salah satu dari lima destinasi wisata ini telah diselesaikan dengan baik,” tutur Menhub.

Dia mengungkapkan, pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi yang dilakukan di Labuan Bajo guna mendukung potensi wisata yang ada di Labuan Bajo. 

Baca Juga:
Mantap, Baru 10 Hari Bandara Halim Operasional Komersial Kembali, Pelayanan Penerbangan Meningkat

“Bandara ini sudah selesai kita bangun dan saat ini memiliki kapasitas hingga satu juta penumpang per tahunnya. Kedepannya, runway akan kami tambah menjadi 2.750 meter,” kata Menhub.

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara melakukan pembangunan perluasan Bandara Komodo sejak tahun 2020 hingga 2022. 

Baca Juga:
Terminal VVIP Bandara Halim Siap Sambut Tamu Negara G20

Adapun ruang lingkup pembangunan yakni: di sisi udara yaitu perpanjangan runway dari sebelumnya sepanjang 2.450 m X 45 m kini menjadi 2.650 m x 45 m, yang  mampu didarati  pesawat jenis B737 Series (narrow body). 

Selain itu, di sisi darat juga dilakukan perluasan gedung terminal hingga 13.366 meter persegi dan beautifikasi gedung terminal dengan tampilan yang lebih menarik bagi wisatawan.

Menhub menjelaskan, tidak hanya membangun bandara, pemerintah juga telah membangun pelabuhan baru multipurpose di daerah Way Kelambu yang berjarak kurang lebih 10-12 Km dari pelabuhan lama yang berada pusat kota Labuan Bajo.  

"Dengan telah dibangunnya pelabuhan khusus logistik di Wae Kelambu, Pelabuhan Labuan Bajo yang lama juga dibangun pemerintah khusus untuk melayani kapal-kapal wisata," ungkap dia. 

Dengan adanya dua pelabuhan ini, diharapkan pariwisata di Labuan Bajo lebih maju dan kegiatan logistik lebih optimal.
 
“Pelabuhan Labuan Bajo (Waterfront) juga rencananya akan diresmikan bapak Presiden besok,” kata Menhub.
 
Dalam kunjungan kerjanya ke NTT, Menhub juga mengunjungi sejumlah daerah yaitu, meninjau Pelabuhan Tenau di Kupang untuk melihat kinerja Tol Laut dan mengunjungi pembangunan Terminal Barang Internasional di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motain di Atambua. (omy)