Bantuan Angkutan Kapal Perintis dalam Sidang Sinode Papua, Kemenhub Diapresiasi Mensos

  • Oleh : Naomy

Selasa, 26/Jul/2022 13:57 WIB
Mensos di Papua Mensos di Papua


PAPUA (BeritaTrans.com) - Angkutan kapal perintis termasuk armada yang diperbantukan oleh Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam Sidang Sinode ke 18 di Kabupaten Waropen, Papua.

Atas dukungan tersebut, Kemenhub mendapat apresiasi dari Menteris Sosial, Risma serta masyarakat selaku peserta.

Baca Juga:
Mantap, Uji Coba Sandar Kapal di Pelabuhan Sanur Berjalan Sukses

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala KSOP Jayapura Willem Thobias Fofid mengatakan, dalam penyelenggaraan layanan angkutan laut kapal perintis selain dengan pengoperasian sembilan kapal perintis, KSOP Jayapura juga turut mengerahkan kapal patroli KPLP KNP.399.

"Kapal patroli KPLP di UPT-UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut seperti KSOP Jayapura, UPP Serui, KSOP Manokwari, KSOP Biak, UPP Korido dan KSOP Sorong juga dikerahkan secara maksimal,"  ujar Willem saat mendampingi kunjungan Mensos Risma yang meninjau langsung Sidang Sinode, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga:
Kemenhub Segera Tetapkan Alur Pelayaran Masuk Pelabuhan Susoh

Kapal patroli dikerahkan untuk pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran di wilayah perairan dari Jayapura, wilayah perairan teluk Cenderawasih.

Di mana lokasi sidang sinode dilaksanakan sampai dengan jalur perairan menuju Nabire, Manokwari dan Sorong.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Susun PNBP Tahap Alokasi Tahun 2023 dan Indikatif 2024

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPP Serui, Fathoni mengatakan, untuk menunjang kelancaran sidang sinode, Yapen sebagai pelabuhan singgah telah mengoperasikan terminal penumpang.

"Terminal Penumpang Domine Iszack Samuel Kijne baru saja rampung dibangun yang diresmikan Bupati Kepulauan Yapen Toni Tesar 17 Juli 2022," ujarnya.

Kepala UPP Waren Capt. Markus menambahkan, dalam pelayanan penanganan embarkasi dan debarkasi penumpang, pihaknya terus berkoordinasi dengan Korlap setiap Klasis-klasis peserta dan Dishub Kabupaten Waropen serta Perum Damri untuk mengupdate setiap peserta dari  lokasi penjemputan ke pelabuhan begitu sebaliknya.

Sinode GKI Tanah Papua melalui Kabag Humas Pdt. Petrus Imolyana memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kemenhub melalui KSOP Jayapura atas bantuan kapal perintis yang telah melayani peserta sidang sinode dan distribusi logistik selama sidang sinode berlangsung.

Dalam kunjungan tersebut, Mensos didampingi oleh Tenaga Ahli Menteri Sosial Bidang Rehabilitasi yang juga mantan Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano, Bupati Jayapura, Bupati Kepulauan Yapen, Bupati Biak Numfor, Ketua Sinode GKI Tanah Papua Pdt. Andrikus Mofu, Mantan Gubernur Papua Barnabas Suebu.

Selain itu Plt. Ka.KSOP Jayapura Willem Thobias Fofid, Dandim Yapen Waropen Letkol Catur, Kapolres Yapen AKPB Herzoni Saragih, Kapolres Waropen AKBP Naharudin, Ka.UPP Serui Fathoni, Ka.UPP Waren Capt. Marcus Kumendong dan Komandan Kapal Patroli KPLP KNP.399 Capt. Nellce Harewan. (omy)