Menhub Puji Progres Pengembangan Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai

  • Oleh : Naomy

Rabu, 27/Jul/2022 18:11 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi dan Gubernur Bali di Bandara Ngurah Rai Menhub Budi Karya Sumadi dan Gubernur Bali di Bandara Ngurah Rai


BALI (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau progres revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. 

Menhub terpukau dengan desain bangunan yang modern, simple, dan unik.

Baca Juga:
Presiden Resmikan Terminal VVIP Bandara Halim Perdanakusuma

“Keren banget dan detail-detailnya juga sangat bagus, dengan ukiran Bali klasik tetapi kita buat minimalis. Saya berpikir bahwa ini akan menjadi satu trend, bangunan Bali dengan konsep modern dan simple serta unik yang inspirasinya berasal dari Presiden (Joko Widodo),” puji Menhub di Bali, Rabu (27/7/2022).

Revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai ini mengusung tema arsitektur tradisional Bali, yang dikenal dengan nama Wantilan. 

Baca Juga:
Presiden resmikan renovasi fasilitas Lanud/Bandara Halim Perdanakusuma

Artinya, bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertemuan masyarakat adat Bali dan juga ditambah dengan ukiran ornamen, lukisan, dan tanaman khas Bali, seperti: kain Songket Bali, tanaman Jepun Bali, Pucuk Rajuna, Jempiring, serta benda seni patung Garuda dan Singa Ambara Raja.

Menhub mengatakan, desain tersebut hasil kolaborasi berbagai pihak sehingga dapat menghasilkan suatu karya yang bagus untuk ditampilkan pada para Kepala Negara yang nanti akan hadir pada pertemuan KTT G20. 

Baca Juga:
Angkasa Pura II Siap Kembali Layani Penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga

Adapun ruang lingkup pekerjaan revitalisasi terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai meliputi percantikan terminal VVIP (eksisting).

Selanjutnya pembangunan terminal VVIP (baru); penataan lansekap dan service road (baru); dan realokasi EMPU kargo dan bangunan terdampak. (omy)