Dukung Perhelatan ASEAN Para Games 2022, Angkasa Pura I Pastikan Fasilitas Bandara Adi Soemarmo Siap

  • Oleh : Naomy

Selasa, 02/Agu/2022 21:19 WIB
Suasana di Bandara Adi Soemarmo, Solo sambut hangat atlet Para Games Suasana di Bandara Adi Soemarmo, Solo sambut hangat atlet Para Games


JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sebagai tuan rumah ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 yang bertempat di Solo, PT Angkasa Pura I telah mempersiapkan fasilitas pendukung kegiatan operasional di Bandara Adi Soemarmo.

Hal itu guna memastikan kelancaran pelaksanaan perhelatan olahraga ASEAN Para Games yang sedang berjalan 30 Juli s.d 6 Agustus 2022, utamanya dalam hal penanganan kedatangan dan keberangkatan atlet, ofisial, dan delegasi.

Baca Juga:
Menhub Lepas 375 Jemaah Umroh dengan Lion Air dari Bandara Kertajati

Sebanyak 1.657 orang atlet peserta ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 yang berasal dari Indonesia, Laos, Timor Leste, Kamboja, Brunei Darussalam, Myanmar, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam tercatat telah tiba di Solo melalui Bandara Adi Soemarmo dari 23 hingga 27 Juli 2022.

"Baik menggunakan pesawat reguler maupun direct charter flight," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga:
Besok Jamaah Umroh Kembali Terbang dari Bandara Kertajati

Pihaknya senantiasa memberikan dukungan yang optimal demi kelancaran pelaksanaan kegiatan ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 sejak sebelum kegiatan berlangsung sampai dengan kegiatan selesai. 

"Adapun dukungan yang kami berikan meliputi pelayanan penanganan para peserta mulai dari mempersiapkan skema flow kedatangan dan keberangkatan di terminal maupun di sisi udara, mempersiapkan flow dan skema pelayanan angkutan darat peserta, serta berkoordinasi dengan pihak maskapai dan groundhandling dalam hal pelayanan selama penerbangan,” jabarnya.

Baca Juga:
Hingga Oktober Pergerakan Penumpang di Bandara Angkasa Pura II Tembus 52 Juta

Selain itu, pelayanan penanganan para peserta, Angkasa Pura I telah menyediakan fasilitas pendukung kegiatan operasional kedatangan maupun keberangkatan yang meliputi penyediaan area registrasi di area kedatangan.

Selanjutnya penerbitan izin akses area terminal (pas masuk bandara panitia), penerbitan izin akses parkir kendaraan panitia, penyediaan area transport point, dan penyediaan area tunggu bagi peserta/atlet di area kedatangan.

Sedangkan fasilitas pendukung operasional lainnya yang diberikan Angkasa Pura I meliputi kesiapan fasilitas difabel yaitu ramp akses kursi roda atau wheelchair pada area keberangkatan dan kedatangan.

Penyediaan toilet difabel pada area keberangkatan dan kedatangan sebanyak 10 titik, fasilitas special needs service holding room yang berada di area check-in dan penyiapan marka untuk kendaraan penumpang difabel.

“Sebelum kegiatan ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 berlangsung, Angkasa Pura I juga telah berpartisipasi dalam hal penyediaan fasilitas publikasi dan sosialisasi kegiatan tersebut dengan menyediakan penggunaan space iklan selama kegiatan berlangsung, penggunaan monitor display dan penyediaan titik penempatan roll banner dan T-Banner di area terminal,” ungkap Faik.

Angkasa Pura I bersama seluruh stakeholders terkait berkomitmen bersama-sama memastikan kelancaran operasional serta fasilitas pendukung kegiatan operasional dan mengantisipasi potensi risiko yang dapat memengaruhi kelangsungan perhelatan olahraga ASEAN Para Games 2022 yang berada di area operator bandara seperti kemungkinan terjadinya penumpukan penumpang di area terminal.

“Melalui berbagai upaya yang kami lakukan ini diharapkan dapat mendukung pelaksanaan dan kelancaran perhelatan olahraga ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022 serta mendukung keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan kesehatan bagi seluruh pengguna jasa yang akan datang maupun berangkat dari Bandara Adi Soemarmo,” pungkasnya. (omy)