Menhan Turki: Tiga Kapal Baru Berlayar dari Pelabuhan Ukraina

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 06/Agu/2022 07:16 WIB
Tiga kapal yang membawa gandum dan bahan makanan akan berangkat dari pelabuhan Ukraina Tiga kapal yang membawa gandum dan bahan makanan akan berangkat dari pelabuhan Ukraina

ANKARA (BeritaTrans.com) - Tiga kapal yang membawa gandum dan bahan makanan akan berangkat dari pelabuhan Ukraina pada Jumat (5/8/2022) di bawah kesepakatan penting di Istanbul, ungkap Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar pada Kamis (4/8/2022).

“Dengan kerja intensif oleh Pusat Koordinasi Gabungan, tiga kapal direncanakan mulai berlayar besok dari pelabuhan Ukraina dalam lingkup pengiriman produk biji-bijian,” kata Menhan Turki kepada Anadolu Agency.

Dan juga sebuah kapal kosong diperkirakan akan tiba di Istanbul, tempat Pusat Koordinasi Gabungan itu berada, untuk inspeksi sebelum berangkat ke Ukraina, tambah Akar.

Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina menandatangani kesepakatan penting pada 22 Juli untuk membuka kembali tiga pelabuhan Ukraina - Odesa, Chernomorsk, dan Yuzhny - untuk gandum yang tertahan selama berbulan-bulan karena perang Rusia-Ukraina.

Untuk mengawasi ekspor biji-bijian Ukraina, Pusat Koordinasi Bersama di Istanbul secara resmi didirikan pada 27 Juli, yang terdiri dari perwakilan dari Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina untuk memungkinkan transportasi yang aman untuk kapal angkut.

Akar menggarisbawahi bahwa mereka terus bekerja dengan pejabat Rusia, Ukraina dan PBB untuk kelancaran fungsi sistem di bawah kesepakatan.

Setelah mengadakan pertemuan terpisah dengan Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov dan Menteri Infrastruktur Oleksandr Kubrakov Hulusi Akar bertukar pandangan tentang ekspor biji-bijian dan situasi terbaru.

Pada Senin, kapal kargo berbendera Sierra Leone Razoni, kapal pertama yang meninggalkan Ukraina, berangkat dari Odesa dengan membawa lebih dari 26.500 ton jagung, mendapat izin keamanan di Istanbul, dan sedang dalam perjalanan ke pelabuhan Tripoli di Lebanon, yang menjadi tujuan akhirnya.(fh/sumber:republika)