Ramai Penumpang KRL Masuk Stasiun Bekasi, Antrean Masih Diberlakukan

  • Oleh : Fahmi

Senin, 08/Agu/2022 07:47 WIB
Antrean penumpang KRL hendak masuk ke Stasiun Bekasi, Senin (8/8/2022). Antrean penumpang KRL hendak masuk ke Stasiun Bekasi, Senin (8/8/2022).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Penumpang KRL Commuterline mengantre sesaat ketika hendak masuk Stasiun Bekasi, saat jam sibuk. Hal itu terlihat pada Senin (8/8/2022) pagi.

Penumpang pada pagi ini tempak ramai dan yang hendak masuk naik KRL Commuterline. Sebelumnya penumpang juga diwajibkan untuk melakukan scan QR Aplikasi Peduli lindungi atau menunjukan sertivikat vaksin saat masuk stasiun.

Baca Juga:
Eskalator Masuk Stasiun Bekasi Mati, Penumpang Terpaksa Naik Tangga Manual Ramai-ramai Senin Pagi

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id penyekatan terjadi beberapa kali saat di peron dirasa penuh. Hingga saat antrean dibuka, penumpang yang padat langsung memasuki area tap tiket dan peron. Penumpang turun di stasiun itu juga ramai terlihat akan meninggalkan area stasiun.

Terlihat mulai pukul 6.00, penumpang terlihat masuk hendak menggunakan KRL merupakan penumpang harian atau langganan yang biasa memulai aktivitas dengan angkutan masal, begitu juga penumpang keluar.

Baca Juga:
Akhir Pekan, Keberangkatan KRL dari Stasiun Bekasi Timur Ramai Bocah

Alur masuk penumpang tidak henti-hentinya terus mengisi jalur masuk di stasiun tersebut. Pada pagi ini antrean diberlakukan sesekali. Petugas terlihat tetap berjaga untuk melakukan beberapa tahap penyekatan, mulai dari bawah sebelum memasuki gedung baru hingga sampai gate tiket.

Baca Juga:
Penumpang KRL Stasiun Bekasi Semakin Ramai, Ada Akses Baru Masuk Jadi Lancar

Terlihat pada saat hendak melakukan tap tiket, petugas melakukan penyekatan, namun jumlah penumpang tampak masih sedikit yang mengantre dan penyekatan pun dibuka oleh petugas.

Karena ditambahkannya kapasitas penumpang Commuterline KRL, membuat antrean minim. Penumpang pun dapat merasakan masuk ke peron dengan cepat.

"Jumlah penumpang stabil normal, bisa dilihat banyak yang naik KRL," ujar petugas yang berjaga melakukan penyekatan.

Ketersediaan KRL saat ini di Stasiun Bekasi terus ada tanpa jeda yang lama. KRL ada yang telah memulai perjalanan dari arah Cikarang maupun arah Stasiun Transit Manggarai.

Penumpang yang mengantre tampak terdiri dari tua, muda hingga anak-anak. Sejumlah penumpang prioritas tampak diberikan langsung jalan tanpa penyekatan.

Di Stasiun Bekasi petugas melakukan penyekatan dengan tali atau rantai. Penyekatan di lakukan petugas pada beberapa titik untuk menghindari penumpukan di dalam KRL. Namun, saat kapasitas di dalam rangkaian sudah ditingkatkan, kini penyekatan menjadi dikurangi.

Sebelumnya VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, selama Bulan Agustus ini volume pengguna KRL Jabodetabek tercatat sebanyak 3.895.946 orang atau rata-rata sebanyak 649.324 orang tiap harinya. 

Pesebaran pengguna KRL pada hari kerja juga terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan pada jam-jam sibuk sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB. 

Berikut syarat menggunakan KRL dan KA Lokal:

a. Memperlihatkan sertifikat vaksinasi dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat akan masuk area stasiun.

b. Memperlihatkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama jika tidak menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

c. Menggunkan masker dengan benar hingga menutup hidung, mulut dan dagu secara sempurna sesuai dengan aturan, serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah naik kereta.

Petugas juga akan mengatur pergerakan pengguna anak-anak yang akan menggunakan KRL, selama tidak terlalu padat petugas akan mengizinkan untuk naik KRL. Khusus untuk pengguna KRL yang membawa anak-anak khususnya balita, kami imbau untuk menghindari kepadatan saat hendak menggunakan KRL.

Sementara itu, pelayanan KRL Jabodetabek sesuai dengan SE No.72 ini diperkenankan melayani pengguna hingga 80% dari kapasitas, dengan tempat duduk dapat terisi penuh.

Saat ini, operasional KRL Jobodetabek tetap beroperasi mulai pukul 04:00 – 24:00 WIB dengan 1.081 perjalanan per harinya.

Petugas juga akan selalu melakukan pengendalian jumlah pengguna KRL yang dapat masuk ke kereta dengan melakukan penyekatan pengguna terutama di jam-jam sibuk. (Fahmi)