Khidmatnya Penumpang Pesawat Sikap Sempurna dan Hormat di Perayaan HUT ke-77 RI di Bandara-bandara Angkasa Pura II

  • Oleh : Naomy

Rabu, 17/Agu/2022 16:22 WIB
Penumpang dan staf saat peringati Hari Kemerdekaan di Bandara Ap II Penumpang dan staf saat peringati Hari Kemerdekaan di Bandara Ap II

 


JAKARTA (BeritaTrans.com)  - Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II turut memperingati HUT ke-77 RI bersama para stakeholder termasuk penumpang pesawat, maskapai, ground handling, dan seluruh staf frontliner dari berbagai instansi. 

Baca Juga:
Penumpang Terus Meningkat, Layanan Penerbangan Umrah di Bandara Soekarno-Hatta dengan Lion Air Kini di Terminal 2F, Garuda dan Saudia Tetap di T3

“Bandara AP II pada hari ini serentak menggelar peringatan HUT ke-77 RI. Tepat pukul 10.00 WIB hari ini (17/8/2022), di seluruh bandara AP II dibacakan proklamasi kemerdekaan dan pengibaran bendera Merah Putih yang berjalan dengan khidmat, diikuti oleh seluruh staf bandara, penumpang dan pengunjung bandara,” urai President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. 

Di Bandara Soekarno-Hatta, yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, tepat pukul 10.00 WIB dibacakan teks proklamasi di area check-in Terminal 2E diikuti dengan sikap sempurna oleh para staf bandara, penumpang serta pengunjung bandara. 

Baca Juga:
Angkasa Pura II Siap Kembali Layani Penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga

Setelah teks proklamasi dibacakan, para staf bandara, penumpang pesawat dan pengunjung di Terminal 2 bersama-sama mengambil sikap hormat sembari mengumandangkan Indonesia Raya saat bendera Merah Putih dibentangkan. 

Para penumpang pesawat dan pengunjung bandara terlihat sangat khidmat mengikuti peringatan HUT RI ke-77 ini. 

Baca Juga:
Menhub Bertemu dengan Dubes Arab Saudi, Sepakati Pembukaan 4 Penerbangan Umroh dari Bandara Kertajati

“Dengan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, bandara-bandara AP II merayakan HUT RI ke-77 secara serentak dan khidmat bersama seluruh stakeholder termasuk penumpang pesawat dan pengunjung bandara. Kami berharap peringatan HUT RI di bandara AP II ini dapat turut semakin memupuk dan menanamkan rasa patriotisme dalam diri kita semua,” ungkapnya.

Setelah pembacaan proklamasi dan pengibaran bendera Merah Putih, perayaan HUT ke-77 RI di Terminal 2E dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan yang dibawakan para kru kabin Batik Air dan Lion Air, yang diikuti dengan seluruh stakeholder. 

Peringatan HUT ke-77 RI pada hari ini juga digelar di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta bersama para penumpang dan pengunjung bandara. 

Di Terminal 3 juga digelar peragaan busana oleh para stakeholder dan pembacaan puisi.

“Pelaksanaan peringatan HUT ke-77 RI di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan dengan khidmat dan tidak mengganggu pelayanan dan operasional bandara. Perayaan digelar di terminal hingga sore nanti,” ujar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Hariyadi. 

Perayaan HUT ke-77 RI di Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta juga mendapat respon positif dari wisatawan. 

Alfonso dan Maria, wisatawan mancanegara asal Spanyol, mengungkapkan ini adalah pengalaman baru bagi mereka dapat merasakan perayaan hari kemerdekaan di bandara.

“Ini sangat memukau, di mana orang-orang merayakan [kemerdekaan] dan bernyanyi serta menari. Pengalaman baru bagi kami,” ujar Alfonso. 

Sementara itu di Bandara Supadio (Pontianak), para penumpang pesawat mengikuti peringatan HUT ke-77 RI dengan pembacaan proklamasi kemerdekaan dan pengibaran bendara Merah Putih di boarding lounge (area tunggu keberangkatan).

“Pada peringatan HUT ke-77 RI ini, para customer service di Bandara Supadio juga melayani para penumpang pesawat dan pengunjung bandara dengan menggunakan pakaian adat,” ujar Executive General Manager Bandara Supadio Muhamad Iwan Sutisna. 

Di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), selain pembacaan proklamasi dan pengibaran Merah Putih yang diikuti seluruh stakeholder di terminal penumpang pesawat, juga digelar kompetisi e-sport dengan peserta dari para komunitas bandara. 

"Peringatan HUT ke-77 RI ini dirayakan di bandara-bandara AP II lainnya secara serentak pada hari ini," pungkas Awaluddin. (omy)