Rel Berada di Area Stadion, Nonton Sepakbola Bonus Kereta Api Lewat

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 18/Agu/2022 06:14 WIB
Foto: Youtube LateGoal FN Foto: Youtube LateGoal FN

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Stadion di Slovakia dibangun mepet rel kereta api. Jadi, menonton sepakbola sambil terdistraksi kereta melintas, sudah jadi hal biasa di sana.

Stadion tak biasa itu terletak di Cierny Balog, sebuah kota kecil di Slovakia yang berpenduduk 5.100 orang. Meskipun kecil, Cierny Balog menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi selama 7 tahun terakhir.

Baca Juga:
Jalur Rel Sempat Terkena Banjir di Grobogan Sudah Dapat Dilewati KA

Ramainya turis itu tak bisa dilepaskan dari peran Stadion Cierny Balog yang unik. Stadion ini sempat viral pada 2015 lantaran ada kereta api melintas di pinggir stadion ketika pertandingan sepakbola berlangsung.

Stadion yang menjadi markas klub bola TJ Tatran Cierny Balog itu bahkan diyakini sebagai satu-satunya stadion di dunia dengan jalur kereta api aktif. Fakta ini menjadi modal kuat bagi Cierny Balog untuk menggaet turis.

Baca Juga:
Bikin Konten di Rel, Remaja Ini Tertabrak Kereta Api hingga Tewas Terekam Video Temannya

Stadion Cierry Balog sendiri dibangun tahun 1980-an sedangkan rel kereta api yang melintasinya sudah ada sebelum stadion berdiri. Hingga saat ini, tidak jelas alasan stadion dibangun di lokasi tersebut.

Hanya saja, ketika stadion dibangun sebenarnya rel kereta itu sudah tidak digunakan lagi. Sampai stadion beroperasi, rel itu hanya bagian dari dekorasi.

Baca Juga:
Bahaya! KAI Imbau Agar Masyarakat Tidak Melakukan Aktifitas di Jalur REL KA

Namun semua berubah pada awal tahun 1990-an ketika sekelompok orang Slovakia yang minat pada perkeretaapian mulai memperbaiki rel tersebut. Lalu pada 1992, rel tersebut secara resi dibuka kembali dan kereta bisa melintasinya.

Stadion Cierry Balog biasanya ramai di musim panas. Banyak wisatawan yang naik kereta melintasi stadion sambil melihat pemandangan pegunungan di belakang stadion.

Para penonton pertandingan juga mendapatkan pengalaman unik ketika kereta melintas. Beberapa melambaikan tangan pada penumpang kereta tapi ada juga yang berusaha tetap fokus pada pertandingan.(fh/sumber:detik)