Kereta Panoramic Pertama di Indonesia Segera Beroperasi, Sensasinya Lebih Mewah!

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 19/Agu/2022 10:19 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal meluncurkan kereta terbaru model panoramic. Sensasinya menaikinya KA dengan banyak kaca untuk melihat sisi luar itu akan terasa lebih mewah.

Kereta panoramic pertama di Indonesia ini merupakan hasil modifikasi dari kereta kelas eksekutif.

Baca Juga:
KAI Tutup 127 Perlintasan Sebidang Sepanjang 2024: Tingkatkan Keselamatan

"Jadi PT KAI bikin inovasi dengan memodifikasi kereta penumpang kelas eksekutif menjadi kereta panoramic pertama di Indonesia," dikutip dari tayangan video akun Instagram @balaipengujianka, Kamis (18/8/2022).

Dlihat dari tayangan video tersebut, kereta api panoramic ini memiliki sunroof dan kaca yang lebih besar dibandingkan kereta api pada umumnya. Jadi penumpang dapat menikmati pemandangan luar dengan lebih leluasa, sehingga perjalanan jadi lebih menyenangkan.

Baca Juga:
KCI dan Balai Perawatan Perkeretaapian DJKA Kerja Sama Operasikan Depo KRL Solo Jebres

"Kereta dilengkapi sunroof dan ukuran kacanya lebih besar. Jadi bisa melihat pemandangan lebih luas," kata akun tersebut.

Baca Juga:
KAI Daop 1Jalankan KA Rute Terpanjang, Blambangan Ekspres relasi Jakarta-Banyuwangi

Saat ini, kereta tersebut masih diuji coba pertama sesuai Peraturan Menteri Perhubungan PM No. 15 Tahun 2011. Pihak yang melakukan pengujian adalah Tim Penguji Sarana Perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian.

"Sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Perhubungan PM No. 15 Tahun 2011, kereta yang mengalami modifikasi sebelum beroperasi harus dilakukan pengujian pertama," kata narator dalam video tersebut.

Pengujian dilakukan secara statis maupun dinamis. Beberapa yang diuji adalah uji rancang bangun, uji dimensi, uji intensitas cahaya, uji sirkulasi udara, uji kebisingan, uji temperatur bearing dan uji kebocoran.

"Semua harus diuji untuk memastikan kereta ini laik operasi, aman dan nyaman saat digunakan," ujar akun itu.

Konsep kereta panoramic sebenarnya sudah lebih dulu eksis di Eropa, salah satunya Swiss. Kereta ini menjadi objek wisata yang wajib dijajal ketika liburan ke Swis.

Salah satu kereta yang paling sering ditumpangi wisatawan adalah Bernina Express. Kereta ini beroperasi sepanjang tahun sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan aneka musim termasuk musim dingin dan musim semi.

Jalur-jalur yang dilewati juga menarik mulai dari pegunungan, lembah, desa, danau, hingga gletser. Objek yang paling ditunggu-tunggu wisatawan adalah Pegunungan Alpen yang menjadi ikon Swiss.(fhm)