Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Dikirim dari China

  • Oleh : Redaksi

Senin, 22/Agu/2022 13:03 WIB
Foto udara yang diambil pada 18 Agustus 2022 menunjukkan gerbong kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) , sedang dimuat di sebuah kapal di Pelabuhan Qingdao di provinsi Shandong, China Timur.(Jiang Chao/Xinhua) Foto udara yang diambil pada 18 Agustus 2022 menunjukkan gerbong kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) , sedang dimuat di sebuah kapal di Pelabuhan Qingdao di provinsi Shandong, China Timur.(Jiang Chao/Xinhua)

 BeritaTrans.com - Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) resmi dikirimkan melalui kapal oleh pemerintah China menuju ke Indonesia.

Seperti dikutip dari laman China News.com, kapal yang berisi rangkain kereta KCJB terpantau meninggalkan pelabuhan Qingdao di Provinsi Shandong, Tiongkok timur pada hari Minggu (21/8/2022).

Baca Juga:
Jadwal Kereta Whoosh Jakarta-Bandung PP Minggu 18 Februari 2024

Kereta ini dirancang dan diproduksi oleh produsen lokomotif kereta api,CRRC) di Qingdao Sifang Co., Ltd yang berbasis di Qingdao, provinsi Shandong.

Kereta pertama akan tiba di Jakarta pada akhir Agustus 2022. Sementara pengiriman sisanya akan dilakukan secara bertahap pada awal tahun 2023 mendatang.

Baca Juga:
Jadwal Kereta Whoosh Jakarta-Bandung PP Sabtu 17 Februari 2024

Rangkaian KCJB yang dikirimkan tersebut mengandalkan teknologi canggih kereta peluru Fuxing, kereta api memiliki kecepatan operasi maksimum 350 kilometer per jam.

Kereta tersebut dirancang dan diproduksi sesuai dengan standar China namun disesuaikan dengan lingkungan operasional lokal dan kondisi jalur di Indonesia.

Baca Juga:
Dana Utang dari China buat Kereta Cepat Whoosh Cair, Nilai Capai Rp 6,89 Triliun

Sebelumnya Wakil Duta Besar RI di Beijing Dino R Kusnadi usai mengikuti acara peluncuran rangkaian kereta cepat listrik (EMU) di Beijing, pada Jumat (5/8/2022) mengatakan kereta ini memang dirancang dengan menyesuaikan kondisi iklim dan geologis Pulau Jawa.

“Warna merah dan abu-abu yang menjadi ciri khas kereta cepat generasi Fuxing memang tidak bisa lepas dari warna bodi kereta cepat Jakarta-Bandung. Namun, motif komodo, batik, dan Candi Borobudur sangat kental nuansa keindonesiaannya,” ujar Dino.

Menurut Dino, 11 rangkaian EMU ditambah satu rangkaian kereta inspeksi akan dikirim secara bertahap dari Qingdao, Provinsi Shandong, menuju depo kereta cepat di Bandung.(ny/Sumber:Kompas.com)