Stasiun Manggarai Sediakan Layanan Vaksin, Ini Jadwalnya!

  • Oleh : Fahmi

Senin, 22/Agu/2022 15:42 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter membuka gerai sentra vaksin di Hall Timur Stasiun Manggarai setiap hari kerja mulai pukul 08.00 WIB - 12.00 WIB. Hal ini guna mendukung program pemerintah, mengenai program percepatan vaksinasi nasional.

"Setiap harinya disediakan sebanyak 200 dosis vaksin dengan jenis vaksin Sinovac, Astrazaneca, Pfizer dan Moderna," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Senin (22/8/2022).

Baca Juga:
Viral, Pencuri Laptop di KRL Kepergok di Stasiun Manggarai

Pelayanan vaksin tersebut, atas kerjasama KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta dengan Puskesmas Tebet. 

KAI Commuter saat ini memberlakukan persyaratan untuk naik Commuterline sesuai dengan Surat Edaran Kemenhub No 80 tanggal 11 Agustus tahun 2022, tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19. KAI Commuter mewajibkan seluruh penggunanya telah melakukan vaksinasi. 

Baca Juga:
Kemenhub Jelaskan soal Rembesan di Dinding Stasiun Manggarai

"Para pengguna juga diwajibkan menunjukan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin secara manual kepada petugas ketika akan masuk stasiun," kata Anne.

Penggunaan masker kain tiga lapis atau masker medis tetap diwajibkan, dipakai sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu menutupi hidung, mulut dan dagu selama berada dalam commuterline atau di area stasiun, serta tidak berbicara saat di dalam perjalanan.

Baca Juga:
KAI Commuter Operasikan 31 KRL Feeder Tambahan Setiap Hari saat Jam Sibuk Pagi dan Sore

Sementara itu, pada Senin (22/8) hingga pukul 15.00 WIB tercatat pengguna Commuterline sebanyak 379.114 orang. Angka tersebut lebih rendah dari minggu lalu di waktu yang sama yaitu sebanyak 383.726 orang atau turun 2%.

Selain itu, sejak 13 Agustus 2022 lalu KAI Commuter menambah jumlah pemberlakukan pelayanan Stasiun Uang Elektronik menjadi 71 stasiun dan direncanakan mulai 3 September 2022 nanti akan menambah jumlah operasional pelayanan Stasiun Uang Elektronik di 11 stasiun berikutnya, sehingga nantinya seluruh stasiun commuterline yaitu sebanyak 82 stasiun. 

Stasiun Uang Elektronik ini hanya akan melayani transaksi pembayaran tiket menggunakan KMT, Kartu Uang Elektronik Bank dan pembayaran dengan QR Code LinkAja dan Gotransit. 

"Pemberlakuan Stasiun Uang Elektronik ini tidak lain adalah mendukung cashless society dalam bercommuter," sebut Anne. (fahmi)