Penumpang Ramai, Masuk Stasiun Bekasi Masih Diberlakukan Antrean

  • Oleh : Fahmi

Senin, 29/Agu/2022 07:20 WIB
Penumpang melewati jalur KA yang ada di Stasiun Bekasi untuk masuk melakukan tap tiket di stasiun tersebut, Senin (29/8/2022). Penumpang melewati jalur KA yang ada di Stasiun Bekasi untuk masuk melakukan tap tiket di stasiun tersebut, Senin (29/8/2022).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Penumpang KRL Commuterline ramai dan mengalir saat masuk Stasiun Bekasi pada jam sibuk. Hal itu terlihat pada Senin (29/8/2022) pagi.

Penumpang pada pagi ini tempak ramai dan yang hendak masuk naik KRL Commuterline. Sebelumnya penumpang juga diwajibkan untuk melakukan scan QR Aplikasi Peduli lindungi atau menunjukan sertivikat vaksin saat masuk stasiun.

Baca Juga:
KRL Layani Lebih 11 Juta Penumpang Selama Ramadan, Stasiun Rawa Buaya Ditingkatkan untuk Naik Turun Pengguna Commuter Line Basoetta

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id hingga pukul 7.00  penumpang masuk mengalir langsung dan antrean terjadi hanya sesekali dan tidak berlangsung lama. Hal itu terjadi baik di bawah stasiun maupun saat di bangunan baru stasiun. Petugas terlihat banyak yang berjaga untuk mengatur penumpang naik turun KRL. Penumpang turun juga ramai terlihat akan meninggalkan area stasiun.

Baca Juga:
Tren Volume Penumpang KRL Jabodetabek Naik saat Ramadan, Stasiun di Kawasan Pusat Perbelanjaan Terpantau Ramai

Penumpang masuk terus mengalir tanpa penyekatan, sejumlah penumpang lanjut usia, ibu, hamil juga terlihat pada jalur masuk. Penumpang tersebut berjalan melewati tangga hingga selanjutnya melakukan tap tiket dan naik KRL. Alur masuk penumpang tidak henti-hentinya terus mengisi jalur masuk di stasiun. 

Terlihat mulai pukul 6.00, penumpang KRL merupakan pengguna harian atau langganan yang biasa memulai aktivitas dengan angkutan masal, begitu juga penumpang keluar.

Baca Juga:
KAI Commuter Siapkan Layanan Angkutan Lebaran untuk Pengguna KRL hingga Commuterline Antar-Kota

Karena ditambahkannya kapasitas penumpang Commuterline KRL, membuat antrean minim. Penumpang pun dapat merasakan masuk ke peron dengan cepat.

"Jumlah penumpang stabil normal, bisa dilihat banyak yang naik KRL," ujar petugas yang berjaga melakukan penyekatan.

Ketersediaan KRL saat ini di Stasiun Bekasi terus ada tanpa jeda yang lama. KRL ada yang telah memulai perjalanan dari arah Cikarang maupun arah Stasiun Transit Manggarai.

Penumpang KRL Wajib Vaksinasi Sesuai SE Kemenhub Terbaru

KAI Commuter mewajibkan seluruh penumpang telah melakukan vaksinasi sebagai syarat dalam menggunakan Commuterline. Syarat ini sesuai dengan Surat Edaran terbaru dari Kemenhub Nomor 84 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 26 Agustus 2022.

"Para pengguna Commuterline dan KA Lokal wajib menunjukan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin secara manual kepada petugas minimal dosis pertama," terang VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Ahad (28/8/2022). 

KAI Commuter dikatakan Anne, juga mewajibkan seluruh penggunanya menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis. Penggunaan masker ini harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku selama perjalanan kereta api dan selama berada di area stasiun. 

Dikatakan pula, penumpang yang dengan usia di bawah 6 tahun, diwajibkan melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Untuk diketahui, saat ini KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.081 perjalanan commuterline tiap harinya mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB dengan mengoperasikan sebanyak 95 rangkaian per harinya. 

Anne mengimbau untuk penumpang agar selalu rencanakan perjalanan dengan cermat. Gunakan aplikasi KRL Access untuk mendapatkan info jadwal perjalanan, kepadatan di stasiun, serta posisi Commuterline yang akan dinaiki secara real time. 

Persebaran pengguna Commuterline pada hari kerja juga terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB. Untuk kenyamanan, pengguna Commuterline Jabodetabek dengan usia dibawah 6 tahun diimbau untuk melakukan perjalannya diluar jam-jam sibuk pagi dan sore hari.

"Para pengguna juga diimbau mencuci tangan sebelum dan sesudah naik Commuterline dengan memanfaatkan wastafel tambahan yang tersedia di seluruh stasiun serta tidak berbicara saat di dalam perjalanan," tambah Anne.(fhm)