388 Lulusan Diploma IV STIP Jakarta Dilantik dan Dibekali Nilai Prestasi

  • Oleh : Naomy

Rabu, 31/Agu/2022 05:36 WIB
Wisuda STIP Jakarta Wisuda STIP Jakarta

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kampus Kementerian Perhubungan, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta meluluskan 388 taruna Diploma IV Program Studi Nautika, Teknika, dan KALK melalui sidang senat terbuka yang dipimpin Ketua STIP, Capt. Sudiono, di Kampus STIP Jakarta, Selasa (30/8/2022). 

Baca Juga:
Praktek Kerja Lapangan, Taruna STIP Kunjungi JICT Lihat Langsung Operasional Bongkar Muat

Dia menyebutkan, dampak pandemi Covid-19 yang bersifat multidimensional meliputi sosial, ekonomi, kesehatan dan sebagainya, berpengaruh terhadap proses pembelajaran pada Perguruan Tinggi. 

Namun dengan semangat tinggi dan kemampuan beradaptasi, fase tersebut dapat dilewati dengan baik dan pada hari ini, telah meluluskan 388 wisudawan dalam sidang senat terbuka di Kampus STIP. 

Baca Juga:
Mengenal Lebih Dekat Sekolah Pelaut di Indonesia, Perwakilan Taruni Korea Maritime University Kunjungi Kampus STIP Jakarta

"Meskipun di tengah kondisi Pandemi Covid-19, namun kalian mampu menempuh pendidikan dan pelatihan dengan semangat yang tinggi hingga akhirnya hari ini kalian dapat memetik hasil dari usaha keras itu dengan berada di auditorium ini untuk melaksanakan sidang senat terbuka," tuturnya.

Dia menyampaikan agar lulusan STIP untuk pergunakan semua kemampuan berupa pengetahuan, keterampilan dan attitude yang telah didapatkan selama  delapan semester di kampus.

Baca Juga:
STIP Jakarta Sosialisasi Sipencatar di SMA Yadika 12 Depok

“STIP telah membekali kalian kompetensi untuk memasuki dunia kerja. Sehingga para lulusan yang hari ini hadir harus bisa menjadi agen perubahan untuk menjadikan Indonesia sebagai World Class Maritime Country yang kedepannya akan membawa perubahan dunia maritim Indonesia," jelasnya. 

Sejalan dengan tema pada wisuda ini yaitu “Bangkit Maju Bersama, Kolaborasi Untuk Prestasi”, Ia berpesan kepada para wisudawan untuk terus menunjukkan integritas, berjuang dan bekerja keras, karena gelar kesarjanaan bukanlah segalanya, dan kelulusan ini bukanlah pula akhir dari tujuan belajar, karena kedepannya akan ada persoalan-persoalan yang lebih nyata dan lebih kompleks untuk dihadapi.

“Yakinlah dengan berbekal kompetensi dan teknologi yang kalian kuasai dan semangat tinggi yang kalian miliki, maka kalian akan mampu menyelesaikan setiap masalah di tempat kalian bekerja nanti. Selamat berjuang, bekerja keraslah dan bersungguh-sungguh, tunjukkan integritasmu, nusa bangsa menanti dharma baktimu di dunia maritim Indonesia," pesannya kepada para wisudawan.

Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan STIP, Capt. Ariandy Syamsul Bhahri dalam laporannya mengungkapkan bahwa peserta sidang senat terbuka pada kesempatan ini terdiri dari 114 taruna lulusan Program Studi Nautika, 94 lulusan Program Studi Teknika, dan 180 lulusan Program Studi KALK.

"Pada program diploma IV ini, para wisudawan telah melaksanakan pendidikan dan pelatihan selama delapan semester sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam pembentukan sikap profesional sebagai perwira transportasi laut pemegang Diploma IV dan sertifikat keahlian ANT-III dan ATT-III, sehingga para wisudawan berhak menyandang gelar vokasi yaitu Sarjana Terapan Pelayaran (S.Tr.Pel)," ujarnya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan menyampaikan agar para wisudawan tidak berpuas diri hanya sampai di sini saja dan dapat terus meningkatkan kompetensi untuk menjadi SDM yang ber-Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas).

“Untuk mampu menghadapi segala macam tantangan dan mewujudkan cita-cita sebagai poros maritim dunia diperlukan pengorbanan dan perjuangan yang sangatlah besar. Sehingga dibutuhkan adaptasi dan peningkatan kompetensi secara terus menerus dalam ilmu dan teknologi bidang pelayaran," tegasnya. (omy)