Panglima TNI Tunjuk Laksda Heru Kusmanto Jadi Pangkoarmada RI

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 02/Sep/2022 09:25 WIB
Laksda Heru Kusmanto sebagai Panglima Komando Armada (Pangkoarmada). Laksda Heru Kusmanto sebagai Panglima Komando Armada (Pangkoarmada).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Laksda Heru Kusmanto sebagai Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI yang baru. Dia menggantikan posisi Laksdya Abdul Rasyid Kacong yang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI Angkatan Laut dalam rangka pensiun.

Penunjukan itu tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/818/VII/2022 tentang Pemberhentian Dari Dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 29 Agustus.

Heru sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perencanaan Umum (Asrenum) Panglima TNI. Dengan promosi jabatan itu, Heru pun akan mendapatkan pangkat bintang tiga atau Laksdya.

Heru merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut Tahun 1988. Sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai Panglima Komanda Armada II dan Panglima Komando Lintas Laut Militer.

Adapun Koarmada RI adalah satuan yang baru diresmikan pada Februari lalu. Pembentukan Koarmada RI berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI dan Peraturan Panglima TNI Nomor 23 Tahun 2021 serta Peraturan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor 3 Tahun 2022.

Merujuk Pasal 57 ayat (1) Perpres 66/2019, Koarmada RI bertugas menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan matra laut sesuai dengan kebijakan Panglima.

Sebelum terbentuk Koarmada RI, sudah ada tiga komando armada yakni Komando Armada I hingga III. Tiga Komando Armada ini dipimpin oleh laksamana bintang dua (laksamana muda).

Dengan demikian Koarmada RI ini membawahi tiga Koarmada yang sudah ada sebelumnya. Koarmada RI dipimpin laksamana bintang tiga (laksamana madya).

Dalam Pasal 57 ayat 2 Perpres 66/2019, disampaikan bahwa Koarmada RI dipimpin oleh Panglima Komando Armada Republik Indonesia, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima. (ds/sumber CNNIndonesia.com)