Kereta Cepat Tiba di RI Diuji Coba, November Dijajal Jokowi & Xi Jinping

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 02/Sep/2022 20:19 WIB
Foto: Dok..KCIC Foto: Dok..KCIC

Jakarta (BeritaTrans.xom) - Kereta Cepat Jakarta-Bandung tiba di Pelabuhan Tanjung Priyok dan siap diantarkan ke Tegalluar, Bandung Barat. Tibanya kereta ini sejalan dengan rencana uji coba dynamic test pada perhelatan G20 di bulan November.

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, ketika dynamic test pada November mendatang, unit yang akan digunakan ialah Comprehensive Inspection Train (CIT). Kereta ini merupakan rangakaiam kereta inspeksi untuk kebutuhan uji coba dan maintenance.

"Terkait dengan rencana G20 showcase-nya, kita nanti akan jalankan CIT sekitar 15 km. Dengan kecepatan sampai dengan 80km per jam. Kira-kira 15 km ditempuh dalam waktu 10 menit," kata Dwiyana, dalam agenda menyambut tibanya KCJB di Pelabuhan Tanjung Priyok, Jumat (2/9/2022).

Lebih lanjut Dwiyana mengatakan, dynamic test ini dilakukan sekaligus untuk menunjukkan teknologi dan cara kerja dari CIT sendiri.

"Sambil kita tunjukkan bagaiaman teknologi CIT ini mampu mendeteksi dan melakukan inspeksi atas semua prasarana yang ada di Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung," ujar Dwiyana.

Sementara untuk jalurnya nanti dimulai dari Casting Yard 4 di kawasan Kopo, Bandung, atau tepatnya di DK 127. Kemudian, kereta tersebut akan berhenti di Stasiun Tegalluar.

"Kemudian nanti sampai Stasiun Tegalluar Baru kita akan melakukan exhibition di Tegalluar," terangnya.

Dwiyana juga memgungkapkan nantinya para tamu VVIP akan diarahkan ke ruang meeting yang berada di dalam kereta untuk melaksanakan briefing. Setelah itu, kereta akan langsung melaju menuju ke Tegalluar.

Di antara para Tamu VVIP tersebut, ada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping yang rencananya akan turut hadir. Mengenai hal tersebut, Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan mengenai hal tersebut.

"InsyaAllahh sesuai schedulenya begitu. Kita lihat saja nanti bagaimana di G20," ujar pria yang akrab disapa Tiko ini, dalam acara tersebut.

Tiko mengatakan, apabila rencananya lancar, kedua presiden itu akan turut hadir dan menjajal kereta cepat pertama di Indonesia itu.
(ny/Sumber:detik com)

Baca Juga:
Viral, Pencuri Laptop di KRL Kepergok di Stasiun Manggarai