Bandara Ngurah Rai Layani Penerbangan Perdana Maskapai China Airlines

  • Oleh : Naomy

Senin, 05/Sep/2022 06:24 WIB
Suasana kedatangan penumpang asal Taiwan di Bandara Ngurah Rai, Bali Suasana kedatangan penumpang asal Taiwan di Bandara Ngurah Rai, Bali

BADUNG (BeritaTrans.com) – Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kelolaan PY Angkasa Pura I menerima tambahan rute penerbangan internasional reguler pada awal September ini setelah beroperasinya kembali penerbangan China Airlines yang menghubungkan Taiwan dengan Bali. 

Pesawat dengan nomor penerbangan CI771 tersebut mendarat di runway Bandara Ngurah Rai pada Jum'at (2/9/2022) sore pukul 15.00 WITA dengan mengangkut 163 penumpang, setelah mengudara selama lima jam 30 menit. 

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

"Sesaat setelah mendarat, pesawat tersebut menerima sambutan water salute dari kendaraan PK-PPK Bandara Ngurah Rai," tutur Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, Ahad (4/9/2022).

Pesawat yang sama kemudian melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Bandara Taoyuan di kota Taipei, Taiwan, di hari yang sama pada pukul 16.21 WITA dengan menggunakan nomor penerbangan CI772. 

Baca Juga:
Cuma 12 Hari Libur Lebaran, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2,02 Juta, jadi Tersibuk di Asia Tenggara

Menurut jadwal, penerbangan ini akan beroperasi dua kali setiap pekan, yaitu pada hari Selasa dan Jum'at.

Faik menyambut beroperasinya kembali penerbangan ini dengan antusias. 

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 571 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Balik Lebaran

"Dengan kembali beroperasinya penerbangan China Airlines yang menghubungkan Taiwan dengan Bali, kini jumlah rute penerbangan yang terhubung dengan Bali menjadi sebanyak 22 rute," ucapnya.

Tambahan rute penerbangan internasional ini juga diharapkan akan semakin memberikan dampak positif terhadap proses recovery dunia penerbangan dan pariwisata Indonesia serta global.

Sebelum pandemi global Covid-19 melanda dunia awal tahun 2020, Bandara Ngurah Rai mencatat telah melayani 231.525 wisawatan asal Taiwan di sepanjang tahun 2019.

Jika diuraikan, terdapat sebanyak 116.099 wisatawan asal Taiwan yang datang ke Bali, serta sebanyak 115.426 wisawatan asal Taiwan yang berangkat meninggalkan Bali.

"Penerbangan ini juga menambah jumlah maskapai yang melayani penerbangangan internasional di Bandara Ngurah Rai menjadi sebanyak 24 maskapai penerbangan. Di akhir tahun 2019 lalu, kami mencatat terdapat sebanyak kurang lebih 50 rute penerbangan internasional serta 35 maskapai penerbangan internasional yang beroperasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Angka inilah yang minimal menjadi target kami, sehingga pariwisata Bali dapat kembali bangkit, sehingga dapat menyumbang terhadap pemulihan ekonomi Bali dan nasional," jabar dia.

Sejak kembali beroperasinya rute penerbangan internasional reguler di Bandara Ngurah Rai 3 Februari, tercatat hingga akhir bulan Agustus 2022, sebanyak 10.181 pergerakan pesawat rute internasional dan 1.851.848 pergerakan penumpang rute internasional telah terlayani. 

"Khusus untuk Agustus 2022, sebanyak 580.981 penumpang rute internasional telah terangkut melalui 3.051 pergerakan pesawat," pungkas Faik. (omy)