Dukung Pengembangan SDM Unggul, ASDP Gelar "A Day to Inspire di SMAN 1 Ternate

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 09/Sep/2022 19:32 WIB
Sharing season ASDP Sharing season ASDP

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menggelar kegiatan talkshow dan sharing session bertajuk "A Day to Inspire: Becoming ASDP Professional Heroes at Work" di SMAN 1 Ternate, Maluku Utara, Senin (5/9/2022). 

Baca Juga:
ASDP Umumkan Progres Pembangunan Masjid Raya di Bakauheni Harbour City Capai 70 Persen, Kapasitas 2.000 Jemaah

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), ASDP berkomitmen mendukung pendidikan bermutu sesuai dengan rumusan Sustainable Development Goals nomor 4. 

Melalui kegiatan Inspiring Day, ASDP secara aktif menggelar kegiatan sharing session terkait profesi untuk membekali serta mengembangkan sumber daya manusia melalui para pelajar dari tingkat SD hingga SMU menjadi pribadi yang andal. 

Baca Juga:
Melalui Program TJSL, ASDP Dukung UMKM Binaan di Labuan Bajo Dapatkan Sertifikat Halal

Selain mengunjungi sekolah-sekolah untuk memberikan motivasi kepada pelajar, ASDP juga menggelar kegiatan Program Goes To Campus sebagai upaya merekrut SDM dari perguruan tinggi yang baru ini dilakukan di Universitas Pattimura, Ambon. 

"Kegiatan ini sejalan dengan nilai inti Kolaboratif, yang merupakan bagian dari core values AKHLAK BUMN. Core values AKHLAK, yang terdiri atas unsur Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif itu merupakan program transformasi dan pengembangan SDM dari Kementerian BUMN," tutur Shelvy, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga:
Gubernur Banten Ganjar ASDP Merak Penghargaan Zero Accident dan P2K3

Dengan menggandeng pihak sekolah dan perguruan tinggi, ASDP secara konsisten membangun kolaborasi untuk memajukan masyarakat pelajar Indonesia hingga menjadi SDM yang unggul. 

Khususnya di wilayah Indonesia Timur sebagai pusat pengembangan ekonomi baru, diharapkan ajang sharing antara dunia usaha dan pendidikan ini dapat memacu wawasan dan kapabilitas masyarakat disekitar wilayah operasi ASDP.

Sebagai negara kepulauan, transportasi di wilayah Ternate yang cukup dominan adalah transportasi laut antarpulau. 

Ajang talkshow dan sharing ini juga merupakan program sebagai upaya menjembatani kesenjangan (missmatch) antara dunia studi dan kerja. 

"Dengan mengenalkan ASDP kepada para pelajar dan mahasiswa, diharapkan mereka tertarik, lebih mengenal layanan ASDP, budaya kerja ASDP, dan bila tertarik nantinya bisa bergabung menjadi bagian keluarga ASDP tentunya jika sesuai minat dan bakatnya," bebernya.

Ini sejalan dengan program pemerintah dalam mengurangi disparitas dunia pendidikan dan dunia usaha yang menyumbang angka pengangguran di Indonesia.

Dalam kegiatan talkshow kemarin, ASDP menghadirkan pembicara dari ASDP yaitu Captain Rudi Sunarko selaku nakhoda senior sekaligus Vice President Operasional dan Fahmi Alweni selaku Senior General Manager Regional II yang juga putra daerah Ternate dan alumnus SMAN 1 Ternate.

"Konsisten, tidak pantang menyerah, dan berakhlak baik merupakan kunci sukses di manapun kita berada dan apapun pekerjaan yang kita lakukan," ujar Captain Rudi Sunarko kepada para siswa SMAN 1 Ternate ketika ditanya mengenai kiat sukses meraih cita-cita.

Ajang tersebut menjadi upaya ASDP memberikan semangat dan motivasi kepada siswa SMAN 1 Ternate untuk tidak pantang menyerah dalam meraih impian dan cita-cita sekaligus memberikan gambaran terkait pekerjaan yang ada di lingkup PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

"ASDP akan konsisten dalam menerapkan program tanggung jawab sosial dan berkontribusi nyata dalam pemberdayaan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, keberlangsungan pendidikan dan kapabilitas untuk terwujudnya kegiatan operasi perusahaan yang berkelanjutan," pungkas Shelvy. (omy)