Jembatan Sepanjang 120 Km Akan Hubungkan RI-Malaysia

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 11/Sep/2022 14:56 WIB
Jembatan Sepanjang 120 Km Akan Hubungkan RI-Malaysia  Jembatan Sepanjang 120 Km Akan Hubungkan RI-Malaysia

Jakarta (BeritaTrans.com) -- Malaysia akan membangun terowongan atau jembatan untuk menghubungkan negaranya dengan Indonesia.

Ketua Komite Investasi, Industri, Pengembangan Wirausaha, dan Koperasi Melaka Ab Rauf Yusoh mengatakan proyek sepanjang 120 km itu akan dikembangkan dengan kerja sama sektor swasta

Mengutip CNA, Jumat (9/9), proyek yang diperkirakan membutuhkan waktu 20 tahun itu akan menghubungkan Telok Gong di Masjid Tanah, Melaka, dengan Dumai di Sumatr

"Usulan proyek tersebut telah diajukan oleh pihak swasta. Kedua negara pada prinsipnya telah sepakat untuk melakukan studi rinci mengenai hal tersebut," kata Rauf Yusoh.

"Dari pihak pemerintah negara bagian, kami telah membawa semua instansi pemerintah untuk mengunjungi daerah di mana rute baru yang diusulkan akan dibangun kemarin," imbuhnya.

Ab Rauf mengatakan proyek yang akan dibangun dengan konsep One Belt, One Road ini akan menjadi ikon baru bagi Malaysia dan Indonesia.

Proyek ini juga akan melibatkan pembangunan infrastruktur lainnya, termasuk area penyebaran lalu lintas dan kompleks imigrasi, bea cukai, karantina dan keamanan.

Selain itu, kawasan industri baru akan dikembangkan secara bertahap di Masjid Tanah seluas sekitar 2.023 ha.

Pengembangan kawasan itu akan dilakukan oleh Melaka Corporation dan diharapkan juga berkontribusi pada pembukaan kota baru di Masjid Tanah.
(ny/Sumber: CNNIndonesia)