Waspada, 5 Provinsi di Pulau Sumatera Masuk Kategori Cuaca Ekstrem

  • Oleh : Dirham

Senin, 12/Sep/2022 12:31 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

MEDAN (BeritaTrans.com) - BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di beberapa wilayah Indonesia. Di antaranya empat provinsi yang ada di Pulau Sumatera.

Dilansir, Senin (12/9/2022), kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini berada pada fase 3 di sekitar Samudera Hindia.

Hal ini berkontribusi cukup signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia. Kondisi tersebut juga diperkuat dengan fenomena gelombang atmosfer yaitu gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang cukup aktif di beberapa wilayah, adanya pola tekanan tekanan rendah yang memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin yang diperkuat juga dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal.

Mengutip laman instagram BMKG, Berikut Daftar Wilayah yang Berpotensi Terdampak Cuaca Ekstrem

1. Kategori Siaga

DKI Jakarta
Sulawesi Tengah
Baca juga:
Cuaca Buruk Hambat Pencarian 7 PMI yang Tenggelam di Batam
2. Kategori Waspada
Jambi
Sumatra Selatan
Bengkulu
Lampung
Kep. Bangka Belitung
Jawa Barat
Jawa Tengah
D.I. Yogyakarta
Jawa Timur
Banten
Kalimantan Barat
Kalimantan Tengah
Kalimantan Timur
Kalimantan Utara
Maluku
Maluku Utara
Papua Barat
Papua

Kepala BMKG Dwikorita menjelaskan bahwa musim hujan 2022/2023 datang lebih awal dibandingkan prakiraan tanggal normalnya.

Prakiraan awal musim hujan di Indonesia akan terjadi di bulan September hingga November 2022 dan alami puncaknya di bulan Desember 2022 dan Januari 2023.

"Fenomena La Nina diperkirakan akan terus melemah dan menuju netral pada periode Desember 2022-Januari 2023. Fenomena IOD (Indian Ocean Dipole) juga diperkirakan akan tetap negatif hingga November 2022," ujarnya melalui keterangan tertulis.

"Kombinasi dari kedua fenomena tersebut (La Nina dan IOD Negatif) diperkirakan akan berkontribusi pada meningkatnya curah hujan di Indonesia," tambahnya.

Potensi Dampak Bencana

Mengamati potensi tersebut, BMKG memberikan peringatan dini terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang serta gelombang tinggi.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dll.
(ds/sumber Detik.com)