Sambut HUT ke-77 KAI, Perjalanan Kereta Api Lebih Cepat dan Lebih Singkat

  • Oleh : Fahmi

Senin, 12/Sep/2022 16:10 WIB
Foto/dok.KAI Foto/dok.KAI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mempercepat waktu tempuh 10 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh mulai keberangkatan Rabu 28 September 2022. 

KA-KA yang mengalami percepatan waktu tempuh yaitu KA Argo Sindoro (Gambir - Semarang Tawang pp), KA Argo Muria (Gambir - Semarang Tawang pp), KA Bima (Gambir - Surabaya Gubeng pp), KA Sembrani (Gambir - Surabaya Pasarturi pp), dan KA Turangga (Bandung - Surabaya Gubeng pp).

Baca Juga:
Ketepatan Jadwal Keberangkatan KA Jarak Jauh pada Masa Angkutan Lebaran Capai 99,6 Persen, KAI: Telah Sesuai

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, Percepatan waktu tempuh perjalanan merupakan inovasi yang KAI lakukan agar para pelanggan dapat tiba lebih cepat di tujuan. KAI Ingin memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan sesuai dengan tema ulang tahun ke-77 KAI yaitu Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

 “Percepatan waktu tempuh KA ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan KAI pada momen HUT ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September,” ujar Joni, Senin (12/9/2022).

Baca Juga:
Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Kawasan KAI Divre I Sumut Tembus 11.000 Penumpang

Terdapat 10 Perjalanan dari 5 Nama KA yang mengalami penyingkatan waktu hingga 31 menit. Para pelanggan pun dapat lebih efisien menggunakan waktunya dalam melakukan mobilitas keluar kota. Berikut percepatan waktu tempuh 5 KA Jarak Jauh:

  • Argo Sindoro (11), Semarang Tawang - Gambir sekarang lebih cepat 20 menit
  • Argo Sindoro (12), Gambir - Semarang Tawang sekarang lebih cepat  20 menit
  • Argo Muria (13), Semarang Tawang - Gambir sekarang lebih cepat 20 menit
  • Argo Muria (14), Gambir - Semarang Tawang, sekarang lebih cepat 20 menit
  • Bima (75), Surabaya Gubeng - Gambir sekarang lebih cepat 25 menit
  • Bima (76), Gambir - Surabaya Gubeng sekarang lebih cepat 30 menit
  • Sembrani (77), Surabaya Pasarturi - Gambir sekarang lebih cepat 30 menit
  • Sembrani (78), Gambir - Surabaya Pasarturi sekarang lebih cepat 30 menit
  • Turangga (79), Surabaya Gubeng - Bandung sekarang lebih cepat 30 menit
  • Turangga (80), Bandung - Surabaya Gubeng sekarang lebih cepat 31 menit

Percepatan waktu tempuh perjalanan KA ini dapat terwujud melalui perbaikan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan prasarana. Perbaikan tersebut dilakukan di berbagai lintas seperti Ciawi – Ciamis, Banjar – Kroya, Blitar – Kertosono, dan jalur-jalur lainnya.

Baca Juga:
KAI Luncurkan Film ``Ruang Tunggu`` di Momen Lebaran

Perbaikan yang dilakukan dintaranya, membangun jalur ganda kereta api, meningkatkan kualitas material jalan rel, meng-upgrade sistem persinyalan, merekayasa geometri lengkung, serta memperbaiki kualitas perawatan jalan rel dan jembatan.

Dengan adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan, maka kecepatan maksimal perjalanan ke-10 KA  meningkat dari sebelumnya 105 km per jam meningkat menjadi hingga 120 km per jam. Meski ada peningkatan kecepatan, KAI selalu mengutamakan keselamatan perjalanan KA.

Waktu perjalanan yang semakin singkat juga berpengaruh terhadap perubahan jadwal keberangkatan KA. KAI mengimbau kepada calon pelanggan untuk mengecek dan memastikan kembali jam keberangkatan yang tertera di tiket.

KAI akan terus meningkatkan pelayanan angkutan kereta api melalui berbagai inovasi. Dengan semangat bangkit lebih cepat dan melayani lebih baik, KAI terus memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. 

“Harapannya melalui percepatan waktu tempuh pada sejumlah kereta api tersebut, KAI akan selalu menjadi moda transportasi umum yang cepat, aman, nyaman, dan dapat selalu diandalkan oleh masyarakat,” tutup Joni.(fhm)