Makin Rusuh, Yunani Tembaki Kapal Kargo Turki

  • Oleh : Redaksi

Senin, 12/Sep/2022 19:25 WIB
Ilustrasi kapal kargo. Yunani melepaskan tembakan peringatan ke arah kapal kargo Turki yang mencurigakan di dekat perairan mereka, Sabtu (10/9) (Handout via Reuters) Ilustrasi kapal kargo. Yunani melepaskan tembakan peringatan ke arah kapal kargo Turki yang mencurigakan di dekat perairan mereka, Sabtu (10/9) (Handout via Reuters)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Yunani melepaskan tembakan ke arah kapal kargo Turki yang mencurigakan di dekat wilayah perairan mereka, Sabtu (10/9/2022), menambah ketegangan kedua negara.

Penjaga pantai Yunani menyatakan bahwa personel mereka melepaskan "tembakan peringatan" ke satu kapal kargo Turki yang berlayar di Laut Aegea.

Yunani menyatakan bahwa kru kapal kargo tersebut menolak diperiksa. Alhasil, kapal ini lalu diusir ke perairan terdekat Turki.

Pihak Yunani juga mengaku telah memberi tahu pihak berwenang Turki terkait masalah tersebut.

Menurut mereka, tembakan tersebut tidak memakan korban jiwa. Namun, Turki menilai tembakan itu sebagai serangan "ejekan" yang dilakukan oleh dua kapal Yunani.

Sebagaimana diberitakan Al Jazeera, dua kapal penjaga pantai Turki kemudian menghampiri kapal Yunani itu. Kapal Yunani tersebut lalu pergi.

Sementara itu, perairan tersebut dikenal sebagai jalur untuk membawa imigran dari Turki menuju Yunani dan Italia.

Yunani menyatakan mereka secara reguler mengecek kapal yang tampak berperilaku aneh di Laut Aegea.

Associated Press melaporkan kedua negara itu memang telah lama terlibat dalam konflik perbatasan.

Baru-baru ini, Turki mengklaim Yunani melanggar aturan internasional karena menempatkan militer di pulau yang dekat dengan lepas pantai Ankara.

Ankara juga menuduh Yunani menargetkan jet tempur Turki kala latihan militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Mediterania timur.(fh/sumber:cnn)