Isu Pergantian Panglima TNI Andika Perkasa dan Mencuatnya Sosok KSAL Yudo Margono

  • Oleh : Dirham

Selasa, 13/Sep/2022 15:42 WIB
 Yudo Margono dan Andika Perkasa.  Yudo Margono dan Andika Perkasa. 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Isu pergantian Panglima TNI Andika Perkasa akan dibahas dalam artikel ini. Muncul nama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono untuk menggantikan Andika yang akan memasuki masa purna tugas tiga bulan lagi, atau tepatnya 21 Desember 2022.

Beberapa waktu lalu, KSAL Yudo Margono angkat bicara soal spekulasi yang berkembang di masyarakat soal pergantian Panglima TNI yang saat ini banyak disebut untuk matra AL

Yudo mengaku siap seandainya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuknya sebagai calon Panglima TNI. "Saya sampaikan, prajurit, bukan saya saja, kalau diperintah, ditunjuk pasti akan siap," kata Yudo Margono kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

"Saya yakin, jawaban semua prajurit ini kalau ditanya pasti siap, pasti siap. Memang, yang ada, prajurit untuk diperintah dan melaksanakan tugas, pasti akan siap," tambahnya.

Namun Yudo menyerahkan keputusan tersebut ke Jokowi yang memiliki hak prerogatif untuk menunjuk Panglima TNI.

"Kembali lagi saya sampaikan itu adalah hak prerogatif presiden. Jadi jangan disebut-sebut, jangan diandai-andai," tegas Yudo.

Oleh karena itu, dia belum memikirkan program apa yang bakal dia susun seandainya terpilih menjadi Panglima TNI menggantikan Andika Perkasa.

"Wong belum (ditunjuk), kok, program bagaimana? Ya serahkan ke Bapak Presiden," tutup dia. (ds/sumber Okezone.com)