Hankook Tire Bagikan Tips Beli Mobil Pertama Bagi Keluarga Muda

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 15/Sep/2022 12:52 WIB
foto:istimewa/hankook foto:istimewa/hankook

JAKARTA (beritaTrans.com) - Membeli mobil pertama biasanya menjadi salah satu target finansial bagi para keluarga muda. Agar mendapatkan kendaraan dengan value for money yang maksimal, produsen ban global Hankook Tire membagikan beberapa pertimbangan sebelum membeli mobil:

 

Baca Juga:
Unik, di Eropa Ada Hotel Khusus untuk Ban Mobil

Tentukan Jumlah Anggota Keluarga

Jika jumlah anggota keluarga enam orang termasuk dua orang anak, Anda dapat mempertimbangkan jenis mobil minivan atau MPV. Sementara jika anggota keluarga berjumlah tiga sampai empat orang, dan lebih sering digunakan untuk jalanan perkotaan, maka mobil jenis City Car dan LCGC menjadi pilihan yang tepat. Apakah Anda sering bepergian ke luar kota atau road trip? Jika iya, maka mobil jenis SUV merupakan pilihan yang sesuai.

Baca Juga:
Danamon bersama MUFG Bank dan Adira Finance Gelar Diskusi Thought Leadership

 

Standar Keamanan

Baca Juga:
Mobil Listrik Terobos Genangan Banjir, Aman Nggak Ya?

Saat ini sebagian besar mobil yang ada di pasaran telah dilengkapi dengan standar spesifikasi keamanan terkini. Indonesia umumnya menggunakan standar The New Car Assessment Program for South East Asian Countries atau ASEAN NCAP. Standar tersebut menguji beberapa aspek, seperti fitur keamanan dan uji kinerja mobil saat terjadi tabrakan. Untuk mobil keluarga, sebaiknya Anda memilih mobil dengan rating 4 hingga 5 ASEAN NCAP, yang memenuhi kriteria keamanan penumpang dewasa, keamanan penumpang balita dan anak-anak hingga komponen penunjang keselamatan lainnya untuk pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman.

 

Pilih Kapasitas Mesin

Kapasitas mesin ditentukan dari CC (cubic centimeter) yang merupakan volume ruang silinder pada mesin. Mobil keluarga kerap digunakan untuk aktivitas bekerja, mengantar anak ke sekolah dan ke tempat les, hingga bepergian di akhir pekan. Mengingat banyaknya kegiatan tersebut, maka Anda patut mempertimbangkan tipe mobil yang hemat bahan bakar. Mobil dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 CC atau di bawah 2.000 CC untuk mobil diesel dapat menjadi pilihan, karena memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih hemat. Selain itu, Anda turut  membantu menjaga lingkungan.

National Sales Manager PCR (Passenger Car Radial) PT. Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono menerangkan, ban juga memiliki pengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. “Kami memiliki seri Kinergy Eco2 yang didesain dengan memperhatikan lingkungan dan kenyamanan berkendara. Ban ini mengupayakan konsumsi bahan bakar yang efisien dan memungkinkan keausan tapak ban yang menyeluruh, serta performa tingkat tinggi berkat optimasi senyawa komponennya. Sehingga saat dipakai pun lebih kedap suara dan nyaman.” jelas Apri.

 

Membeli Mobil Bekas Sebagai Pilihan Alternatif

Mengingat mobil memiliki nilai depresiasi yang cukup tinggi, membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan. Selain harga yang lebih terjangkau, proses pembelian dan pengurusan surat-suratnya juga cenderung lebih mudah jika dibandingkan dengan mobil baru dan tanpa harus inden.

Namun konsumen perlu lebih teliti dalam memilih agar mendapatkan kondisi mobil yang masih prima, yakni dengan melihat jarak tempuh dan tahun produksi mobil. Lihat juga kelengkapan dokumen, mulai dari BPKB hingga bukti pajak. Eksterior dan komponen mobil seperti mesin, suspensi,aki, hingga ban, juga perlu diperhatikan.

Sebagai pemain yang unggul dalam pasar replacement equipment (RE), produk Hankook banyak diburu konsumen yang ingin mencari ban pengganti ban orisinal yang kondisinya sudah tidak layak pakai. “Jika calon pembeli melihat adanya benjolan, retak, sobekan, artinya ban sudah tidak layak untuk digunakan dan harus segera diganti,” ujar Apri.

Apri menambahkan untuk mobil keluarga, konsumen juga dapat mengandalkan Ventus Prime3 dari Hankook Tire. Ventus Prime3 dilengkapi kinerja kering dan basah yang semakin disempurnakan untuk akselerasi yang lebih stabil. “Bagi mobil keluarga kestabilan akselerasi merupakan aspek penting yang tidak hanya berkaitan dengan keamanan, tapi juga kenyaman. Terutama untuk para orang tua yang kerap bepergian dengan anak-anak mereka,” tambah Apri.

Ventus Prime3 juga memiliki kinerja traksi yang semakin ditingkatkan, dengan area kontak yang melebar saat terjadi kontak melalui alur chamfer. Ban ini bisa diperoleh melalui jaringan distributor dan retailer Hankook yang tersebar di kota-kota di Indonesia, serta menghadirkan pilihan perawatan dan konsultasi sesuai kebutuhan pemilik kendaraan.(ahmad)

Tags :