Tarif Kapal Feri di Pulau Simeulue ke Sejumlah Pelabuhan di Aceh Masih Normal

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 16/Sep/2022 08:09 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

BANDA ACEH (BeritaTrans.com) - PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) menyatakan, harga tiket kapal feri dari Pulau Simeulue ke sejumlah pelabuhan di daratan Provinsi Aceh belum ada kenaikan.

"Tiket kapal feri dari Pulau Simeulue masih harga lama belum mengalami kenaikan setelah pemerintah menyesuaikan harga bahan bakar minyak," kata Pelaksana Tugas (Plt Manajer Usaha dan Teknik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Perwakilan Simeulue Musliandika di Simeulue seperti dikutip Antara, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga:
Penyelesaian Pembangunan Bakauheni Harbour City Dikebut

Kapal feri dari Pulau Simeulue melayani pelayaran penumpang dan barang menuju sejumlah pelabuhan di Provinsi Aceh, yakni Pelabuhan Calang di Kabupaten Aceh Jaya.

Serta Pelabuhan Singkil di Kabupaten Aceh Singkil, Pelabuhan Labuhan Haji di Kabupaten Aceh Selatan, dan Pelabuhan Kuala Bubon di Kabupaten Aceh Barat.

Baca Juga:
ASDP Dukung Bulan Menanam Pohon Nasional, Sepanjang Tahun 2022 BUMN Tanam 4,6 Juta Pohon

Musliandika mengatakan harga tiket masih normal. Penetapan kenaikan harga tiket berdasarkan keputusan pemerintah, bukan menjadi kewenangan PT ASDP Indonesia Ferry.

"Kami menunggu instruksi pusat terkait apakah harga tiket kapal feri dari Pulau Simeulue mengalami kenaikan atau tidak. Untuk menaikkan harga tiket itu, harus ada persetujuan pemerintah, bukan hanya wewenang PT ASDP saja," kata Musliandika.

Baca Juga:
Keren Banget, Laba Triwulan III ASDP Meroket 161 Persen

Saat ini, harga tiket kapal feri dari Pulau Simeulue berkisar Rp 52 ribu hingga Rp 76 ribu untuk orang dewasa dan Rp 31 ribu hingga Rp 45 ribu untuk anak-anak.

Ada lima kapal feri melayani penyeberangan dari Pulau Simeulue menuju sejumlah pelabuhan di Provinsi Aceh yakni KMP Aceh Hebat 1, KMP Teluk Sinabang, KMP Teluk Singkil, KMP Labuhan Haji, serta KMP Aceh Hebat 2, yang beroperasi sekali dalam seminggu.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa. (fhm/sumber:kompas)