Dubes RI Ungkap Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia karena Serangan Jantung

  • Oleh : Dirham

Minggu, 18/Sep/2022 15:52 WIB
Prof Dr Azyumardi Azra. Prof Dr Azyumardi Azra.

JAKARTA BeritaTrans.com)  Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono mengungkapkan Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia karena serangan jantung.

Berdasarkan surat kematian yang dikeluarkan Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, disebutkan penyebab kematian Azyumardi karena terdapat kelainan pada jantung.

Azyumardi menghembuskan nafas terakhir di unit perawatan intensif bagi penderita gangguan pada jantung (CCU) Rumah Sakit Serdang pada pukul 12.30 waktu setempat. Ia juga dinyatakan terinfeksi virus corona (Covid-19).

"Jadi tertulis dalam surat tersebut penyebabnya 'acute inferior myocardial infarction'," kata Hermono dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (18/9).

Azyumardi sebelumnya mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit Serdang sejak Jumat (16/9). Ia juga sempat mengalami sesak nafas dalam penerbangan menuju Kuala Lumpur. Istri dan anak Azyumardi yang mewakili pihak keluarga juga telah tiba di Kuala Lumpur pada Sabtu (17/9) kemarin.

Adapun Azyumardi semula direncanakan hadir sebagai narasumber pada acara Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang diselenggarakan oleh Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) di Selangor, Malaysia pada Sabtu (17/9).

Azyumardi atau yang akrab disapa Azra merupakan Ketua Dewan Pers periode 2022-2025. Ia juga dikenal sebagai salah satu intelektual Islam terkemuka. Karya-karyanya tersebar di jurnal ilmiah hingga media massa.

Selain itu Azyumardi produktif menulis buku. Beberapa karyanya yang dikenal luas antara lain Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII (2004); Renaisans Islam Asia Tenggara (1999); Pergolakan Politik Islam (1996).

Azyumardi juga tercatat sebagai guru besar UIN Syarif Hidayatullah. Dia juga mendapatkan gelar 'Commander of the Order of British Empire (CBE)' dari Ratu Elizabeth II pada tahun 2010. (ds/sumber CNNIndonesia.com)