Kronologi Elf Tabrak Truk di Tol Cipali Tewaskan 3 Orang

  • Oleh : Dirham

Senin, 19/Sep/2022 16:28 WIB
Kecelakaan melibatkan kendaraan elf Nomor polisi BE 7031 VA yang menabrak truk terjadi di Tol Cipali, KM 135-900  Kecelakaan melibatkan kendaraan elf Nomor polisi BE 7031 VA yang menabrak truk terjadi di Tol Cipali, KM 135-900 

CIPALI (BeritaTrans.com) - Tabrakan melibatkan kendaraan Elf Nomor polisi BE 7031 VA yang menabrak truk terjadi di Tol Cipali, KM 135-900 Jalur A Desa Cikawung, Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Kecelakaan tersebut mengakibatkan sebanyak tiga orang meninggal dan belasan lainnya luka-luka.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Komisaris Besar Ibrahim Tompo menjelaskan kronologi kejadian kecelakaan yang terjadi Senin (19/9) sekitar pukul 07.07 WIB.

Kendaraan truk yang belum diketahui identitas pengendaranya melaju di jalur sebelah kiri atau jalur lambat arah Jakarta ke Cirebon. Namun di lokasi kejadian, dari arah yang sama dari belakang kendaraan elf yang dikemudikan seorang sopir bernama Mudiono (49) datang dan menabrak belakang truk tersebut.

Saat tiba di Km 35+900 Tol Cipali, elf menabrak bagian belakang truk. Setelah menabrak truk, elf berhenti.

Namun truk yang ditabrak terus melaju. Sehingga truk yang ditabrak elf tidak diketahui identitasnya.

"Tabrakan terjadi saat melaju di jalur sebelah kiri atau lajur lambat rah Jakarta ke Cirebon. Minibus elf yang menabrak truk berpelat nomor polisi BE 7031 VA dikemudikan Mudiono, warga Tanggamus, Lampung," kata Ibrahim, Senin (19/9).

Akibat kejadian tersebut, tiga orang meninggal dunia dan 15 orang luka-luka. Korban meninggal dan luka-luka langsung dilarikan ke RS Arjawinangun, sementara korban luka-luka saat ini masih dalam pendataan.

Kepala Satlantas Polres Indramayu Ajun Komisaris Angga Handiman mengatakan, seusai menabrak elf tersangkut bagian belakang truk dan terseret kurang lebih 400 meter.

"Dugaan sementara sopir elf ini mengantuk. Karena kita tidak dapati adanya bekas pengereman," ucap Angga.

Sementara itu, Corporate Communication Dept Head PT Lintas Marga Sedaya Haelly Lusiawatie dalam keterangannya menyebutkan, kecelakaan diduga akibat sopir elf mengantuk.

"Kejadian bermula dari kendaraan elf yang melintas dari arah barat menuju ke timur yang diduga pengemudi elf mengantuk," kata Haelly.

Elf tidak bisa mengendalikan laju kendaraan dalam kecepatan tinggi sehingga kendaraan tersebut menabrak bagian belakang truk Fuso.

"Posisi akhir kedua kendaraan dalam keadaan normal menghadap ke timur di bahu luar," ucap Haelly.

Dalam kejadian ini petugas layanan lalu lintas Astra Tol Cipali dengan mengevakuasi 10 korban luka berat ke RS Mitra Plumbon dan tiga orang meninggal dunia di evakuasi ke RS Arjawinangun.

"Selama proses evakuasi kejadian tidak ada penutupan jalur dan nihil kemacetan, lajur satu ditutup untuk proses pembersihan. Astra Tol Cipali selaku pengelola Ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan mengimbau kepada para pengguna jalan apabila merasakan lelah atau mengantuk kami mengimbau untuk berhenti di Rest Area Astra Tol Cipali," tutur Haelly. (ds/sumber CNNIndonesia.com/Detik.com)