Kereta Panoramic Pertama di Indonesia, Kapan Mulai Beroperasi?

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 21/Sep/2022 16:26 WIB
Ilustrasi kereta api. KAI akan segera memperkenalkan kereta panoramic pertama di Indonesia dalam waktu sekitar satu atau dua bulan ke depan.(SHUTTERSTOCK/AKHMAD DODY FIRMANSYAH) Ilustrasi kereta api. KAI akan segera memperkenalkan kereta panoramic pertama di Indonesia dalam waktu sekitar satu atau dua bulan ke depan.(SHUTTERSTOCK/AKHMAD DODY FIRMANSYAH)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kereta api panoramic pertama di Indonesia akan segera hadir. Video tentang uji coba kereta tersebut sempat beredar di media sosial beberapa waktu lalu.

Namun, kapan kereta panotamic  tersebut akan resmi diluncurkan dan bisa dicoba naik oleh masyarakat?

Baca Juga:
Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Kawasan KAI Divre I Sumut Tembus 11.000 Penumpang

Direktur Niaga PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, Hadis Surya Palapa mengatakan, kereta panoramic akan diluncurkan dalam waktu dekat, yakni dalam satu sampai dua bulan ke depan.

"Kami tidak ingin buru-buru tapi nanti hasilnya malah tidak maksimal. (Jadi) kami siapkan mudah-mudahan pada satu atau dua bulan ke depan sudah bisa diluncurkan, jadi mohon bersabar," kata Hadis Surya Palapa kepada Kompas.com saat ditemui di acara KAI Expo di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (17/09/2022).

Baca Juga:
KAI Luncurkan Film ``Ruang Tunggu`` di Momen Lebaran

Meski secara teknis sudah memadai, saat ini KAI masih merumuskan program dan penggunaannya akan seperti apa.

Menurut Hadis, tampilan kereta seperti yang beredar di medsos beberapa waktu lalu masih akan disempurnakan, terutama pada interior kereta.

Baca Juga:
Terkena Serangan Ransomware, KAI Tegaskan Sistem IT Aman dan Berjalan Normal

"Secara teknis sudah memadai, sudah memenuhi syarat, tinggal kami touch up, bagaimana ini sesuai dengan ekspektasi masyarakat, bisa menemukan kereta yang betul-betul berbeda, kereta yang selama ini tidak diduga tapi akan ada," ujarnya.

Sebagai informasi, PT KAI sedang membuat inovasi baru dengan memodifikasi kereta penumpang kelas eksekutif menjadi kereta panoramic.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com Selasa (06/09/2022), kereta panoramic pertama di Indonesia tersebut dilengkapi dengan sunroof. Selain itu, ukuran kaca di kereta juga akan lebih besar sehingga penumpang bisa melihat pemandangan secara lebih luas.

Saat ini, kereta panoramic masih melalui tahap uji laik secara statis maupun dinamis oleh tim penguji sarana perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian.

Hal tersebut dilakukan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan PM Nomor 15 Tahun 2011 tentang kereta yang mengalami modifikasi sebelum beroperasi harus menjalani uji pertama.

Adapun sejumlah pekerjaan yang dimaksud meliputi uji rancang bangun, uji dimensi, uji intensitas cahaya, uji sirkulasi udara, uji kebisingan, uji temperatur bearing, dan uji kebocoran.(ny/Sumber:Kompas.com)