Program TJSL Digelar, Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Tanam 800 Pohon di Kelurahan Ancol

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 22/Sep/2022 15:59 WIB
foto:istimewa/pelindoreg2sundakelapa foto:istimewa/pelindoreg2sundakelapa


    
JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sebagai wujud nyata program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam bidang lingkungan dan dalam rangka HUT PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang Pertama, Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa melakukan penanaman pohon sebanyak 800 (delapan ratus) di lingkungan sekitar Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Sebanyak 800 pohon ditanam di area lingkungan Pelabuhan Sunda Kelapa dan beberapa area di Kawasan sekitar Kelurahan Ancol. Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian dan komitmen PT Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa melalui TJSL terhadap kondisi alam sekitar, dengan adanya penanaman pohon ini semoga dampaknya akan dirasakan langsung oleh kita sendiri yang selalu berhadapan dengan alam.

Dalam kesempatan ini General Manager Regional 2 Sunda Kelapa, Kurnia Jaya menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan sesuai arahan dari kementerian BUMN untuk fokus dalam 3 bidang yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMKM. Semoga dengan penanaman pohon ini dapat membawa dampak yang positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar,' cetusnya.

“Tujuan penanaman pohon tersebut, selain menjaga kelestarian lingkungan juga dapat bermanfaat bagi penduduk sekitar, karena yang ditanam adalah pohon buah diantaranya Pohon Mangga, Pohon Jambu Air, Pohon Jambu Kristal, Pohon Alpukat, Pohon Jeruk dan Pohon Belimbing,” tambahya.

Penanaman bibit pohon yang dilaksanakan oleh Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa turut dihadiri oleh Kepala KSOP Sunda Kelapa, Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa, Lurah Kelurahan Ancol dan insan maritim lainnya.

Hal yang sama dari Kelurahan Ancol, atas program penanaman pohon, Kepala Lurah Ancol, Rusmin mengatakan, "Sebelumnya juga Kementerian BUMN melalui Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa telah memberi bantuan melalui program peduli Sosial kepada 93 anak balita warga Ancol dengan memberikan asupan gizi," ungkapnya

“Bagi saya Pelindo selalu di hati saya, karena programnya sangat bermanfaat bagi orang banyak dan juga khususnya warga Ancol,” tambah Rusmin.

Sementara itu KSOP Sunda Kelapa Chaerul Awaluddin, berikan apresiasi kepada Pelindo melalui program TJSL sebagai bentuk peduli lingkungan dengan penghijauan di wilayah pelabuhan yang ada di Kawasan Sunda Kelapa.

”Saya berterima kasih atas inisiasi program penanaman pohon, dilihat menurut data hanya Pelabuhan Sunda Kelapa yang masih ada penghijauan dan sudah bisa menekan polusi udara panas di kawasan pelabuhan,” ucap Chaerul.

Demikian juga Kapolsek Sunda Kelapa, Kompol Riza Sativa melalui Kanit Binmas Iptu Sudarto, baginya pemberian 45 pohon itu akan ditanam di lokasi Polsek Sunda Kelapa.

”Bantuan pohon ini akan ditanam di area Polsek Sunda Kelapa, program penghijauan lingkungan Pelabuhan Sunda Kelapa yang harus kita jaga bersama,” tutur Sudarto.(ahmad)