Balai Yasa Kereta Api Yogyakarta Dibuka untuk Umum Jumat Besok, Cek Cara Daftarannya!

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 22/Sep/2022 20:21 WIB
Foto/dok.KAI Foto/dok.KAI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyelenggarakan kegiatan Open House Balai Yasa Kereta Api dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 KAI serta mengedukasi masyarakat terkait proses perawatan kereta dan lokomotif yang ada di berbagai Balai Yasa milik KAI. 

Open House akan dilaksanakan di 3 Balai Yasa selama 3 hari sejak dibuka. Adapun pembukaan di hari pertama yaitu di Balai Yasa Yogyakarta, Jawa Tengah pada Jumat (23/9/2022).

Baca Juga:
Pastikan Sehat saat Pelayanan Lebaran, Petugas KAI Daop 5 Periksa Bebas Narkoba

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI mengajak masyarakat untuk dapat melihat langsung seluk-beluk Balai Yasa Kereta Api yang selama ini tidak dapat diakses oleh masyarakat umum. 

Untuk di hari selanjutnya, pada Ahad (25/9) di Balai Yasa Surabaya Gubeng dan Senin (26/9) di Balai Yasa Manggarai. 

Baca Juga:
Sinergi Sido Muncul dan KAI Services, Bikin Perjalanan jadi Lebih Menyenangkan

Open House Balai Yasa tersebut terbuka untuk umum dan dapat dihadiri oleh seluruh masyarakat yang ingin melihat lebih dekat Balai Yasa Kereta Api. 

Dalam kegiatan Open House Balai Yasa, pengunjung dapat melihat dan memahami proses perawatan sarana, melihat kereta, gerbong, dan lokomotif yang sudah diperbaiki, melihat berbagai fasilitas perawatan Balai Yasa, produk-produk unggulan dan inovasi Balai Yasa, sejarah masing-masing Balai Yasa, melakukan mini tour di lingkungan Balai Yasa, pameran produk UMKM, serta games dan hiburan menarik. 

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Bersama Kemenkop dan UKM Gelar Bazar Ramadan di Area Stasiun Gambir

Untuk menjaga ketertiban selama kegiatan Open House Balai Yasa berlangsung, masyarakat yang ingin hadir pada Open House Balai Yasa harus melakukan registrasi online terlebih dahulu. 

Adapun kapasitas pengunjung di Balai Yasa Yogyakarta adalah 1.000 orang per hari. Untuk info registrasi, waktu, dan lokasi kegiatan selengkapnya dapat dilihat di sosial media Instagram @keretaapikita.

Balai Yasa Kereta Api merupakan bengkel kereta api modern yang berperan dalam merawat sarana guna memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang kereta api.

Balai Yasa ini memiliki tugas untuk melakukan perawatan besar sarana perkeretaapian yaitu lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang, dan fasilitas-fasilitas sarana lainnya periode 2 tahunan dan 4 tahunan dengan tingkat kesulitan kompleks.(fhm)