API Banyuwangi Gelar Incavet, Siap Wujudkan Konektivitas Transportasi

  • Oleh : Naomy

Minggu, 25/Sep/2022 14:29 WIB
Perhelatan dia API Banyuwangi Perhelatan dia API Banyuwangi


BANYUWANGI (BeritaTrans.com) -  Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi gelar International Conference for Aviation Vocational Education and Training (Incavet) .

Dibuka Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Dr. Capt. A. Arif Priadi, Incavet kali ini mengusung tema "Aviation Roles for Geo Connectivity of Indonesia Archipelago".

Kegiatan digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Covid-19 secara disiplin, Sabtu (24/9/2022).

"Kami apresiasi API Banyuwangi dan seluruh pihak yang telah turut berkontribusi hingga terselenggaranya seminar internasional ini," ujar Capt. Arif.

Dengan dilaksanakannya konferensi internasional ini diharapkan akan menjadi fasilitas bagi dosen untuk meningkatkan kualitas dan implementasi penelitian yang dapat menjadi solusi baru baik bagi perguruan tinggi, taruna, maupun masyarakat luas.

Menurutnya, konferensi internasional ini penting untuk mendorong penelitian dalam dunia pendidikan tinggi, dimana berdasarkan tercatat hanya 12 persen publikasi penelitian sosial di Indonesia dalam jurnal internasional yang ditulis oleh penulis Indonesia. 

Jumlah total publikasi ilmiah Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara lain seperti Singapura dan Malaysia.

"Saya melihat potensi besar pada peserta, dan konferensi internasional ini juga merupakan peluang besar karena sektor penerbangan membutuhkan SDM yang tepat, andal, dan ber-Prestasi (Profesinoal, Etika, Standar Global, dan Intergritas)," jelasnya.

Berbagai upaya peningkatan SDM di sektor penerbangan dilakukan sebagai bagian dari pengelolaan SDM sekaligus mendukung terwujudnya konektivitas di berbagai daerah di Indonesia serta mengatasi ketimpangan pembangunan antara Kawasan Barat dan Kawasan Timur. (omy)