Asops Panglima TNI Pimpin Pertemuan Ke-8 Brunesia JOESC Tahun 2022

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 29/Sep/2022 13:59 WIB
foto:istimewa/puspenTNI foto:istimewa/puspenTNI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayor Jenderal Agus Suhardi bersama Brigedier Jeneral (Udara) Dato Seri Pahlawan Haji Alirupendi bin Haji Perudin, Pemerintah Angkatan Bersama, Angkatan Bersenjata Diraja Brunei memimpin Pertemuan ke-8 Brunei Indonesia Joint Operations And Exercises Sub-Committee (Brunesia JOESC) tahun 2022 bertempat di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (28/09/2022).

Baca Juga:
Cerita Menhan Prabowo Bercita-cita Ingin Jadi Panglima TNI tapi Tak Kesampaian: Bersyukur, Nyawa Ini Cuma Titipan Tuhan

Pertemuan tersebut diikuti sebanyak 12 personel TNI dan delapan personel Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (ABDB)  yang membahas evaluasi kegiatan bidang operasi dan latihan yang telah dilaksanakan periode Mei 2021 s.d. September 2022, dan rencana kegiatan akan dilaksanakan periode Oktober 2022 s.d. Desember 2024.

Adapun hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah update inisiasi atas rencana latihan bersama antara TNI dan ABDB. Kemudian dilanjutkan dengan rencana  katihan pada tahun 2025 disepakati untuk dipercepat pada akhir tahun 2022 atau paling lambat pada awal tahun 2023. Pihak Brunei menyampaikan akan memfasilitasi sebagai tuan rumah pelaksanaan Field Training Exercise (FTX) dan menyarankan mekanisme Initial Planning Conference (IPC), Middle Planning Conference (MPC) dan Final Planning Conference (FPC) tetap dijalankan karena merupakan latihan bersama yang baru bagi kedua belah pihak.

Baca Juga:
Menteri Pertahanan Prabowo Ungkap Calon Panglima TNI Pilihan Presiden Jokowi

Kedua pimpinan berharap kerja sama bilateral antara TNI dan ABDB semakin meningkat dan tetap mencari peluang atau inisiatif-inisiatif baru ditingkat Mil to Mil maupun Service to Service guna mempererat kerja sama antar kedua negara dan membangun kepercayaan antar Angkatan Bersenjata kedua negara.

Selanjutnya pihak Brunei Darussalam akan menjadi tuan rumah pertemuan ke-9 Brunesia JOESC tahun 2023 mendatang.(ahmad)

Baca Juga:
Soal Laksamana Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI, Anggota DPR: Infonya Gitu