Mantap, JAS Airport Services Sabet Sertifikasi Baterai Lithium CEIV dari IATA

  • Oleh : Naomy

Kamis, 29/Sep/2022 15:36 WIB
Penyerahan sartifikat dari IATA untuk JAS Penyerahan sartifikat dari IATA untuk JAS

CENGKARENG (BeritaTrans.com) - Mantap, PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Services) – JAS Airport Services diumumkan sebagai salah satu perusahaan ground handling pertama di dunia dan pertama di Indonesia yang meraih sertifikasi CEIV Lithium Battery.

Pengumumannya disebar The International Air Transport Association (IATA) pada acara World Cargo Symposium 2022 di London, Inggris, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga:
Ciptakan Inovasi Keselamatan Berlalu Lintas, Jasa Raharja Luncurkan JR-Rovation

“Kami mengucapkan selamat kepada JAS Airport Services yang telah menjadi salah satu perusahaan ground handling pertama di dunia dan pertama di Indonesia yang meraih sertifikasi CEIV Li-batt. Ini adalah bukti penanganan andal perusahaan terhadap produk yang mengandung baterai lithium,” tutur Brendan Sullivan, Global Head of Cargo IATA dalam kesempatan tersebut.

Sertifikasi ini dapat memberikan keyakinan kepada para pelanggan JAS Airport Services bahwa pengiriman mereka yang mengandung baterai lithium akan ditangani dengan standar keamanan tertinggi, mendukung visi Indonesia untuk menjadi produsen dan pengekspor baterai EV global.

Baca Juga:
Ikuti Experience Indonesia London 2023, BNI Pamerkan Transformasi dan Inovasi Digital Banking

"JAS Airport Services sangat bangga dan terhormat menerima sertifikasi baterai lithium CEIV setelah melalui proses penilaian, pelatihan, dan validasi yang ketat oleh IATA. Kami bangga mendapatkan sertifikasi ini, yang menunjukkan aspirasi kami untuk menerapkan standar global dan keahlian orang-orang berkaliber tinggi dari JAS Airport Services, meningkatkan kemampuan kami menjadi salah satu yang pertama di dunia yang telah mencapai tonggak penting ini dalam sektor penerbangan,” ungkap Presiden Direktur & CEO JAS Airport Services Adji Gunawan sesaat setelah menerima sertifikasi CEIV Li-batt dalam kesempatan yang sama. 

Dengan sertifikasi baterai Lithium CEIV ini, pihaknya siap berkontribusi pada rantai pasokan Indonesia untuk baterai lithium dan mendukung aspirasi nasional kami untuk menjadi produsen dan pengekspor baterai lithium global seperti yang dicita-citakan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Baca Juga:
Jasa Raharja Catat Kinerja Keuangan Stabil di Tahun 2022 dengan Rasio Solvabilitas Meningkat

Sertifikasi CEIV adalah komitmen JAS Airport Services untuk secara konsisten memenuhi standar internasional ketika memberikan layanan kepada semua pelanggan.

Sertifikasi The Center of Excellence for Independent Validators Lithium Batteries (CEIV Li-batt) adalah program terbaru yang diluncurkan oleh IATA pada tahun 2021. 

"Program sertifikasi industri baru ini dirancang untuk meningkatkan penanganan dan pengangkutan produk baterai lithium yang aman di seluruh rantai pasokan ; mulai dari shipper, freight forwarder, operator terminal kargo hingga maskapai penerbangan," kata dia.

Sertifikasi ini juga sebagai pengakuan internasional yang  akan membantu mempromosikan posisi Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) dalam menjadi hub kargo udara terkemuka yang beroperasi dengan standar global kompetensi dan manajemen kualitas untuk menangani baterai lithium.

Nantinya ini yang akan memberikan jaminan dan keyakinan kepada para global shipper, freight forwarder dan maskapai penerbangan bahwa pengiriman baterai mereka ditangani dengan standar keamanan tertinggi di Indonesia.

"Hari ini, kami dengan bangga mengumumkan bahwa JAS Airport Services adalah salah satu perusahaan ground handling pertama dan satu-satunya di Indonesia yang bermitra dengan IATA dan berhasil meraih sertifikasi Baterai Lithium CEIV. Pencapaian ini akan memberikan jaminan dan keyakinan kepada para pengirim barang, ekspedisi, dan maskapai penerbangan global bahwa JAS beroperasi dengan standar keselamatan tertinggi saat menangani pengiriman baterai lithium mereka di Indonesia," pungkas Adji. (omy)