Sering Ditemui di Bandara Internasional, Apa Sih Arti Duty Free?

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 30/Sep/2022 12:46 WIB
Ilustrasi Duty Free di bandara. (Foto: Istockphoto/minemero) Ilustrasi Duty Free di bandara. (Foto: Istockphoto/minemero)

Jakarta (BeritaTrans.com) -- Jika wisata ke luar negeri, tidak lengkap kiranya kalau kamu tidak membawa buah tangan atau oleh-oleh ketika pulang. Belanja buah tangan dari luar negeri bisa untuk kamu sendiri, atau orang-orang terdekat.

Tapi, untuk membeli barang-barang dari luar negeri, harganya seringkali bikin menguras kantong. Di sisi lain, kamu tidak mau melewatkan kesempatan membeli barang dari luar negeri yang kamu sukai

Tak perlu khawatir, ada cara supaya barang yang kamu beli harganya lebih murah. Kamu bisa memanfaatkan kebijakan Duty Free. Jika kamu sering jalan-jalan ke luar negeri, pasti sering melihat kata Duty Free di bandara internasional.

Seperti dilansir flypgs.com, Duty adalah pajak atau biaya tambahan yang dikenakan oleh pemerintah setempat terhadap suatu barang yang dijual, sedangkan duty free merupakan toko yang menjual barang-barang yang tidak dikenakan pajak atau tambahan lain.

Artinya, kamu bisa membeli barang tanpa harus membayar pajaknya. Toko yang menjual barang bebas pajak ini biasanya berada di bandara area keberangkatan internasional. Tapi, ada juga duty free yang berada pelabuhan internasional, atau stasiun kereta dan terminal bus antarnegara.

Di Duty Free, kamu bisa berbelanja seperti barang elektronik, makanan, pakaian bermerk, rokok, minuman keras, dan barang-barang lainnya dijual di sana. Jadi, kamu bisa belanja oleh-oleh di Duty Free bila mau dapat harga miring.

Ada juga istilah Tax Refund yang artinya pengembalian barang kena pajak yang sudah kamu bayar dengan uang. Nyaris seluruh toko di luar terminal keberangkatan internasional mengenakan pajak dan biaya tambahan pada barang yang dijual.

Bagi turis internasional, pajak ini bisa dikembalikan setelah berbelanja yang mencapai jumlah tertentu. Namun, setiap negara berbeda-beda ya dalam menerapkan mekanisme Tax Refund ini.
(ny/Sumber: CNNIndonesia)

Baca Juga:
Jelang WSBK Mandalika, Penumpang di Bandara Lombok Melonjak 103 Persen