Penumpang Terus Meningkat, Layanan Penerbangan Umrah di Bandara Soekarno-Hatta dengan Lion Air Kini di Terminal 2F, Garuda dan Saudia Tetap di T3

  • Oleh : Naomy

Minggu, 02/Okt/2022 17:02 WIB
Penumpang jamaah umrah di Bandara Soetta Penumpang jamaah umrah di Bandara Soetta

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura II melakukan penyesuaian operasional penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sejalan dengan peningkatan lalu lintas penerbangan pada periode pemulihan di tengah pandemi Covid-19. 

Mulai 1 Oktober 2022, penerbangan umrah oleh Lion Air dilayani melalui Terminal 2F dari sebelumnya di Terminal 3. 

Baca Juga:
Bandara Soetta Bakal Diramaikan Kehadiran UMKM Mitra Binaan Angkasa Pura II Selama 2023

President Director AP II Muhammad Awaluddin menuturkan penyesuaian ini memperhatikan dinamika terkini khususnya peningkatan lalu lintas penerbangan.

“AP II selalu memerhatikan perkembangan terkini di tengah pandemi Covid-19, termasuk terkait dengan lalu lintas penerbangan," jelas President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Ahad (2/10/2022). 

Baca Juga:
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ada Mal UMKM dari Berbagai Provinsi Loh!

Saat ini bandara-bandara AP II tengah memasuki periode pemulihan di mana lalu lintas penerbangan, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta, mengalami peningkatan.

Baca Juga:
JAS Dukung Kantor Imigrasi Percepat Layanan Paspor di Bandara Soekarno-Hatta

“Oleh karena itu, AP II melakukan penyesuaian operasional di Bandara Soekarno-Hatta guna memastikan penerbangan termasuk alur keberangkatan dan kedatangan penumpang di seluruh terminal penumpang dapat tetap berjalan lancar dan memenuhi protokol kesehatan,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menuturkan penyesuaian operasional mencakup dibukanya Terminal 2F untuk melayani penerbangan internasional yakni penerbangan umrah yang dilayani Lion Air menuju Jeddah, Arab Saudi. 

“Mulai 1 Oktober 2022, jemaah umrah yang berangkat ke Tanah Suci menggunakan Lion Air dilayani di Terminal 2F dari sebelumnya di Terminal 3. Kebijakan ini juga sebagai salah satu upaya penyeimbangan pergerakan pesawat dan penumpang antara Terminal 2 dan Terminal 3, serta memastikan aspek pelayanan selalu terjaga dengan baik,” ujar Agus Haryadi. 

Dia memaparkan pada awal tahun ini seluruh penerbangan umrah dilayani di Terminal 3.

Sebelum periode ibadah haji pada Juni 2022, jumlah jemaah umrah yang berangkat dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Januari - Mei 2022 secara kumulatif mencapai sekitar 340.000 orang. 

"Diperkirakan jumlah penerbangan umrah akan semakin meningkat, sehingga mulai 1 Oktober 2022 penerbangan ke Jeddah oleh Lion Air akan dilayani melalui Terminal 2F, sementara penerbangan ke Jeddah oleh Garuda Indonesia dan Saudia tetap di Terminal 3,” bebernya.

Maskapai Lion Air rata-rata akan mengoperasikan 3 - 4 penerbangan/hari dari Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta menuju Jeddah. 

“Rata-rata pergerakan penumpang Lion Air di rute Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta - Jeddah, untuk keberangkatan dan kedatangan, sekitar 2.500 orang per hari,” ungkap Agus. 

Dia menuturkan penerbangan, perdana jemaah umrah dari Terminal 2 berjalan lancar karena kesiapan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan. 

“AP II bersama stakeholder terkait berkolaborasi memastikan kelancaran keberangkatan dan kedatangan jemaah umrah melalui Terminal 2F. Seluruh fasilitas umum telah disiapkan seperti musholla, begitu juga layanan check in counter, keimigrasian, Bea dan Cukai, dan penanganan bagasi yang telah siap melayani jemaah umrah," pungkasnya. (omy)