Presiden China Bakal Ikut Uji Coba Perdana Kereta Cepat Bandung-Jakarta

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 04/Okt/2022 13:15 WIB
 Presiden Xi Jinping dijadwalkan bakal turut serta uji coba perdana kereta cepat Bandung-Jakarta usai perhelatan KTT G20 di Bali November mendatang. (Foto: Tomohiro Ohsumi / POOL / AFP) Presiden Xi Jinping dijadwalkan bakal turut serta uji coba perdana kereta cepat Bandung-Jakarta usai perhelatan KTT G20 di Bali November mendatang. (Foto: Tomohiro Ohsumi / POOL / AFP)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Presiden China Xi Jinping dikabarkan bakal menjadi salah satu penumpang pertama kereta cepat Bandung-Jakarta yang merupakan proyek bersama Indonesia-China.

Dalam wawancara eksklusif bersama media Singapura The Straits Times, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan kereta berkecapatan tinggi (HSR) pertama di Asia Tenggara itu akan mulai beroperasi pada November.

Baca Juga:
Perempuan Jadi Masinis Kereta Cepat di Arab Saudi

Jadwal tersebut bertepatan dengan gelaran pertemuan tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali yang akan digelar 15-16 November.

Budi mengatakan Presiden Joko Widodo akan mengundang Xi untuk naik kereta cepat Bandung-Jakarta setelah rangkaian KTT G20 berlangsung, seperti dikutip The Straits Times.

Baca Juga:
BPS: Gegara Proyek Kereta Cepat JKT-BDG, Impor Kereta RI Naik 600%

Presiden Xi memang dijadwalkan hadir dalam KTT G20.

"Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga telah mengatakan kepada saya dia bakal datang," kata Jokowi dalam wawancara bersama pemimpin redaksi Bloomberg, John Micklethwait, seperti dikutip Reuters pada Agustus lalu.

Baca Juga:
Kereta Cepat Penghubung Hong Kong-China Diuji Coba

Meski begitu, Kementerian Luar Negeri China sampai saat ini belum mengonfirmasi apakah Xi akan datang ke Bali.

Rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kloter pertama tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (2/9).

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo sebelumnya mengatakan ini menjadi salah satu bentuk kesiapan jelang kegiatan G20 yang akan diadakan November mendatang. Ia mengatakan uji coba kereta cepat juga akan berlangsung pada November bertepatan dengan KTT G20.

"Alhamdulillah rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung pertama sudah tiba di Indonesia. Ketibaan rangkaian kereta api cepat ini menjadi kabar baik untuk Indonesia dan menunjukkan bahwa Indonesia bisa bersaing dengan negara maju lainnya," ujarnya melalui keterangan resmi.

Pengiriman rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung ini dilakukan dalam 4 batch. Setelah kedatangan perdana, rangkaian kereta api cepat ini selanjutnya akan tiba pada 25 Desember 2022, 25 Februari 2023 dan 15 Maret 2023.(fhm/sumber:cnn)