10 Bandara Terbesar di Dunia, Ini daftarnya

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 06/Okt/2022 13:49 WIB
Beijing Daxing International Airport (Foto: Istimewa/xinhuanet. ) Beijing Daxing International Airport (Foto: Istimewa/xinhuanet. )

Jakarta (BeritaTrans.com)  - Bandara menjadi bagian penting bagi perkembangan semua sektor, termasuk pariwisata di sebuah negara. Nih, daftar bandara-bandara terbesar di dunia.

Beragam konsep dihadirkan negara-negara di dunia untuk mempercantik tampilan bandaranya. Tentu saja, karena bandara akan menjadi gerbang masuk turis mancanegara dan harapannya bandara memberi gambaran bagaimana situasi dari negara tersebut.

Nah, selain megah luas bandara juga menjadi daya tarik bagi dunia, khususnya para wisatawan. Nih, deretan bandara terluas di dunia yang perlu kamu tahu. Namun sayang sekali, tidak ada Indonesia dalam 10 daftar teratas.


1. King Fahd International Airport (DMM) - Dammam, Arab Saudi

King Fahd International Airport adalah bandara terbesar di dunia. Luasnya hampir 300 mil persegi. Dulu bandara ini merupakan bekas pangkalan udara AS.

Seperti dilansir dari World Population Review, bandara memiliki fasilitas masjid yang mampu menampung hingga dua ribu jemaah juga rumah kaca untuk memasok tanaman hijau di sana.

Meski berukuran besar, bandara hanya menampung sekitar 9,7 juta penumpang setiap tahun. King Fahd International Airport juga merupakan bandara ketiga tersibuk di Arab Saudi. Bandara tersibuk adalah King Abdulaziz International Airport yang menampung 41 juta penumpang yang kebanyakan ke Mekah untuk ziarah.

2. Denver International Airport (DEN) - Denver, Colorado, AS

Baca Juga:
Menhub Sapa Jemaah Umroh di Bandara Kertajati

 

Denver International Airport Foto: Getty Images/ivanastar

Baca Juga:
Begini Dukungan Ditjen Hubud di Gelaran Sail Tidore


Denver kali pertama dibuka pada 1995 dan menempati wilayah Colorado, AS. Tapak bandara mencapai 135,7 km persegi. Hal ini menempatkan bandara sebagai bandara terbesar di Amerika Utara. Seperti dilansir dari The Daily Star, Denver berada di jajaran 20 bandara tersibuk di dunia tiap tahun sejak 2000.

3. Dallas Fort Worth International Airport (DFW) - Dallas, Texas, AS

DFW Airport mulai beroperasi pada 1973. Ukurannya memang 'hanya' separuh Bandara Denver yakni 69,63 km persegi. Namun bandara ini terbilang bandara super sibuk.

Dilansir dari laman Airports Council International, DFW Airport menempati tempat kedua sebagai bandara tersibuk di dunia dengan 62,5 juta penumpang di 2021.

4. Orlando International Airport (MCO) - Orlando, Florida, AS

Orlando International Airport adalah bandara utama di Florida, AS. Bandara dibuka pada 1981 di lahan seluas 69,63 km persegi. Sebelum memakai nama yang sekarang, bandara dulu bernama McCoy Air Force Base.

Di 2021, bandara ini menempati urutan ketujuh bandara tersibuk di dunia dan melayani sebanyak sekitar 40,3 juta penumpang.

5. Washington Dulles International Airport (IAD) - Washington DC, AS

Nama bandara diambil dari nama sekretaris negara AS ke-52 John Foster Dulles. Dia bekerja di bawah Presiden Dwight D. Eisenhower. Bandara terletak di sisi utara Virginia, Washington DC, AS.

Dibangun dengan tapak seluas 52,6 km persegi, bandara dibuka pada 1962.

6. Beijing Daxing International Airport (PKX) - Beijing, China


Bandara di Beijing ini mirip pesawat ruang angkasa. Seperti ini loh bentuknya. Foto: Istimewa/xinhuanet.


Bandara Beijing menempati perbatasan ibukota China dan Langfang, Provinsi Hebei. Bandara ini memiliki julukan 'The Starfish'. Jika dilihat dari atas, bentuk lanskap bandara memang menyerupai bintang laut.

Bandara dirancang oleh mendiang arsitek Zaha Hadid. Dibangun selama lima tahun, bandara memiliki tapak seluas 47 km persegi. Meski baru beroperasi sekitar tiga tahun, bandara ini adalah yang terbesar di Asia. Pada 2020, Beijing Daxing International Airport mendapat titel sebagai bandara dengan tingkat kebersihan terbaik se-Asia Pasifik.

7. George Bush Intercontinental Airport (IAH) - Houston, Texas, AS

Bandara dibuka pada 1969. Sebelum menyandang nama George Bush Intercontinental Airport, bandara bernama Houston Intercontinental Airport. Bandara memiliki luas 44,5 km persegi di utara Houston, Texas, AS.

8. Shanghai Pudong International Airport (PVG) - Shanghai, China

Pudong adalah satu dari dua bandara internasional di Shanghai, China selain Shanghai Hongqiao International Airport (SHA). Bandara dibuka pada 1999 dan memiliki tapak seluas 40 km persegi.

Pudong terbilang bandara yang sibuk baik untuk layanan penumpang maupun kargo. Bandara ini merupakan bandara tersibuk ketiga di dunia dalam hal pengiriman kargo.

9. Cairo International Airport (CAI) - Kairo, Mesir

Cairo International Airport adalah bandara utama di Mesir. Bandara memiliki tapak seluas 37 km persegi dan dibuka pada 1963. Di seluruh Afrika, bandara Kairo menempati bandara tersibuk kedua setelah O.R. Tambo International Airport, Johannesburg, Afrika Selatan.

10. Suvarnabhumi International Airport (BKK) - Bangkok, Thailand

Baca Juga:
Menhub Lepas 375 Jemaah Umroh dengan Lion Air dari Bandara Kertajati


Bandara Suvarnabhumi Foto: Getty Images/MJ_Prototype


Suvarnabhumi International Airport atau Bangkok Airport adalah bandara utama di Thailand. Dibuka pada 2006, bandara memiliki luas 32 km persegi. Dengan luas tapak sebesar ini, bandara jadi salah satu bandara terbesar di Asia Tenggara sekaligus bandara penghubung atau transit antar wilayah.
(ny/Sumber:detik com)