Bakamla RI Gelar Latihan SAR di Perairan Manado

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 11/Okt/2022 12:45 WIB
foto:istimewa/BakamlaRI foto:istimewa/BakamlaRI

MANADO (BeritaTrans.com) - Direktorat Latihan Bakamla RI menggelar latihan kesiapan Search And Rescue (SAR) pencarian, pertolongan dan penyelamatan korban kecelakaan laut di Pantai Malayayang, Perairan Manado.

Baca Juga:
Dua Jabatan Pimpinan Tinggi Bakamla RI Diserahterimakan

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla Suwito, S.E.,M.Si (Han), Senin (10/10/2022).

Laksma Bakamla Suwito didalam sambutan pembukaan mengatakan kegiatan utama dari pencarian dan pertolongan pada hakikatnya merupakan kegiatan yang meliputi segala upaya dan usaha pencarian, pertolongan, penyelamatan, dan pengevakuasian manusia dari segala kecelakaan, baik dalam kecelakaan penerbangan, pelayaran dan bencana.

Baca Juga:
Kepala Bakamla RI Beri Penghargaan Bintara, Kapal Negara dan Stasiun Bakamla Teladan Tahun 2022

“Diharapkan kepada seluruh peserta latihan, manfaatkan kesempatan ini, perhatikan keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan latihan dilapangan, patuhi semua instruksi yang disampaikan oleh para instruktur,” ujar Laksma Bakamla Suwito.

Pelatihan ini dilakukan dalam skala besar karena melibatkan stakeholder terkait. Adapun yang terlibat selain personel Bakamla yakni TNI AL, Polair, Basarnas, KPLP, KKP dan Bea Cukai.

Baca Juga:
Dua Jabatan Direktur Kerja Sama dan Direktur Datin Bakamla RI Diserahterimakan

Latihan akan berlangsung 10 s.d 14 Oktober 2022 dan kegiatan diawali dengan pembekalan teori di kelas yang kemudian dilanjutkan praktek lapangan di Pantai Malayayang, Perairan Manado. Selain teori, peserta juga mendapatkan pembelajaran seperti mekanisme SAR, pertolongan pertama pada kecelakaan baik ringan maupun berat, penyiapan logistik dalam operasi SAR serta evaluasi korban di laut.(ahmad)

Tags :