Beri Kemudahan, PLN Bangun Stasiun Baterai Kendaraan Listrik Umum

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 12/Okt/2022 20:25 WIB
PLN beri kemudahan untuk pengguna motor listrik dengan membangun SPBKLU. Dok. Ist PLN beri kemudahan untuk pengguna motor listrik dengan membangun SPBKLU. Dok. Ist

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT PLN (Persero)  akan membangun Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Kehadiran layanan tukar baterai ini memudahkan pengguna sepeda motor listrik dalam mengisi daya kendaraannya.

Pembangunan SPKLU tersebut ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dilakukan di Jakarta Convention Center, Senayan, dan pada Selasa (11/10/2022).

Baca Juga:
PLN Tambah 13 Titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Jalan Tol Sumatra

Menurut Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, hadirnya SPBKLU membuat pengguna motor listrik cukup menukarkan baterainya ke SPKBLU dan tidak perlu lagi menunggu pengisian daya listrik. Hal ini sebagai wujud dukungan PLN terhadap ekosistem kendaraan listrik.

“Konsepnya sangat mudah, pengguna motor listrik cukup datang ke SPBKLU, buka aplikasi PLN Mobile, lalu tukar baterai dengan yang dayanya sudah terisi penuh dan siap untuk digunakan. Hanya sekitar 1 menit, lewat PLN Mobile langsung dapat baterai dengan daya penuh,” kata Darmawan.

Baca Juga:
Pemkot Bekasi Resmikan 104 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

Dia menambahkan, PLN menargetkan pengoperasian 70 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) pada tahun ini. Hingga September 2022, PLN telah lebih dulu melakukan uji coba operasional 16 unit SPBKLU yang ada di Jakarta. 

SPBKLU ini merupakan bagian dari kerja sama antara PLN – BRIN – Grab dan Viar.  Pada Oktober, PLN akan menambah 4 unit lagi SPBKLU dan 50 unit SPBKLU di bulan Desember.

Baca Juga:
Tingkatkan Pengunaan Kendaraan Listrik, PLN Fokus Bangun Stasiun Pengisian di Jalan Tol

“SPBKLU ini infrastruktur penting dalam mendorong masifnya kendaraan listrik di Indonesia. Mengingat, untuk bisa mendorong pertumbuhan kendaraan listrik banyak didorong dari kendaraan roda dua. Ditambah saat ini harga motor listrik sudah bersaing dengan motor berbahan bakar minyak,” beber Darmawan.

Selanjutnya, Darmawan mengungkapkan guna mendorong tumbuhnya SPBKLU, PLN juga menyiapkan skema kerja sama franchise SPBKLU.

Di mana calon mitra dapat berperan sebagai penyedia fasilitas isi daya kendaraan listrik, penyedia lahan maupun properti, serta penyedia operasional dan pemeliharaan SPBKLU.

Dalam kerja sama franchise SPBKLU yang disediakan PLN, calon mitra dapat berperan sebagai penyedia fasilitas isi daya kendaraan listrik, penyedia lahan maupun properti, serta penyedia operasional dan pemeliharaan SPBKLU.

“Salah satu skema partnership yang ditawarkan PLN adalah franchise, di mana mitra tidak perlu direpotkan dengan perizinan, penyediaan peralatan, pemeliharaan serta aplikasi pendukung dalam infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik,” urai Darmawan.

Dia berharap dengan semakin banyaknya jumlah SPBKLU dapat mendukung terbangunnya ekosistem kendaraan listrik guna mempercepat transisi energi bersih di Tanah Air.(fhm/sumber:konstruksimedia)