Keren, BP3IP Jakarta Target jadi Lembaga Diklat Terunggul di Asia

  • Oleh : Naomy

Kamis, 13/Okt/2022 13:21 WIB
Direktur BP3IP Jakarta, Ahmad bersama jajaran Direktur BP3IP Jakarta, Ahmad bersama jajaran

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Keren, Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta memiliki target menjadi lembaga Diklat terunggul di Asia.

Hal itu menurut Direktur BP3IP Jakarta Dr. Ahmad, sesuai visi dan misi lembaga Diklat yang telah berstatus Badan Layanan Umum (BLU) itu.

Baca Juga:
BP3 Curug Gelar Diklat Pilot Drone Bagi Aparatur KKP

"Kami optimistis karena memiliki sumber daya manusia (SDM) pengajar yang mumpuni ditambah dengan fasilitas yang lengkap," tutur Ahmad, Kamis (13/10/2022).

Saat ini jumlah pengajar di BP3IP Jakarta sebanyak 121 orang, terdiri dari pengajar tetap 28 orang dan tidak tetap sebanyak 93 orang dengan 36 ruang kelas.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Ditambah lagi kelengkapan laboratorium yang mencapai 19 unit dan simulator sebanyak 23 unit.

"Semua itu tersebar di empat gedung yang tersedia di BP3IP Jakarta," ungkapnya.

Baca Juga:
BPSDMP Bahas Penyusunan Kurikulum Diklat Ahli Kepelabuhanan

Dalam keseharian, pihaknya menerima peserta diklat mandatory based on STCW 1978 beserta amandemennya, nautika dan teknika serta diklat costumize kerja sama dengan stakehokder pelayaran.

"Untuk diklat costumize kerja sama, waktu pelaksanaannya dapat disesuaikan dengan permintaan stakeholder," kata Ahmad.

Pada diklat Mandatory terbagi lagi yakni ada keterampilan, pemutakhiran, dan revalidasi/renewal sertifikat.

BP3IP Jakarta menurut Ahmad, juga melakukan inovasi layanan. Di antaranya pembelajaran e-learning Asynchronous, aplikasi berbasis android GoBP3IP, sistem kirim Sertifikat Sikilat.

Ada juga Sentralisasi Layanan Pendaftaran, Mobile Renewal, dan layanan kesehatan masyarakat.

Klinik utama BP3IP ini melayani sertifikat kesehatan pelaut, kartu kuning bagi pelaut, pemeriksaan gigi,  mata, THT, dan dilengkapi dengan apotik

Pihaknya juga memiliki layanan BLU lainnya yakni Crane Simulator 2021, Port Management System Simulator 2021, Liquid Cargo Handling Simulator 2022, Mobil Ambulance 2021 Area Bisnis dan Rooftop BP3IP 2022 serta aula yang bisa disewakan.

BP3IP Jakarta juga bekerjasama dengan Kementeriaan dan lembaga, pemerintah daerah dan asosiasi-asosiasi serta perusahaan pelayaran.

"Kami juga melakukan sejumlah kerja sama internasional di bidang pelaksanaan diklat kepelautan dan recruitment kru kapal," kata Ahmad.

Di antaranya dengan perusahaan pelayaran dari China, Jerman, Yunani, Norwegia, dan Hong Kong. (omy)