Pergerakan Tanah di Jalur KA Bogor-Sukabumi, Daop 1 Jakarta Pastikan Jalur Rel Aman dan Operasi Normal

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 14/Okt/2022 11:35 WIB
Pengecekan jalur KA oleh petugas.Foto/dok.KAI Pengecekan jalur KA oleh petugas.Foto/dok.KAI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menanggapi informasi terjadinya pergerakan tanah di KM 6+6/7 petak jalan Stasiun Batutulis-Stasiun Maseng, KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan bahwa perjalanan Kereta Api (KA) Pangrango relasi Bogor-Sukabumi PP tetap berjalan normal sesuai jadwal. 

"Saat ini seluruh perjalanan KA Pangrango beroperasi sesuai jadwal dan tidak ada gangguan," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga:
Momen Imlek 2023, Volume Penumpang KAJJ Meningkat 20 Persen

Eva mengatakan, sejak terdapat info pergerakan tanah hingga hari ini Jumat (14/10) tim prasarana Daop 1 Jakarta terus melakukan pengecekan pada lintas tersebut, melalui hasil pengecekan seluruh kondisi prasarana jalur rel dinyatakan aman dan tidak ada kendala untuk operasional KA. 

"Hingga kini pemantauan terus dilakukan, tim prasarana Daop 1 Jakarta juga telah menepatkan petugas khusus pada pos penjagaan daerah rawan untuk melakukan pemantauan secara berkala," tambah Eva.

Baca Juga:
Promo Tiket KA Mulai 100 Ribu, Ini Daftar Kereta Api Keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Saat ini, dikatakan Eva, calon penumpang dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access untuk KA Lokal Pangrango relasi Bogor - Sukabumi dan sebaliknya. 

Sebelumnya, Daop 1 juga terus melakukan koordinasi bersama Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Barat, DJKA Kemenhub. 

Baca Juga:
Masa Angkutan Nataru Usai, 417.500 Penumpang KAJJ Datang di Area KAI Daop 1 Jakarta

Pada lokasi tersebut juga telah dibangun penahan longsor oleh Satker BTP Jabat DJKA Kemenhub. Seluruh tim yang berkaitan masih terus melakukan pemantau serta melakukan analisa dampak dari pergerakan tanah tersebut. 

Adapun pada lintas tersebut terdapat 3 perjalanan (PP) KA Pangrango atau 6 perjalanan dalam sehari. Berikut jadwal keberangkatan KA Pangrango dari Stasiun Bogor dan Stasiun Sukabumi dengan tarif Rp45 ribu (kelas Ekonomi) dan Rp80 ribu (kelas Eksekutif) 

Keberangkatan dari Stasiun Bogor
- Berangkat 08.20 WIB tiba di Sukabumi 10.30 WIB
- Berangkat 14.20 WIB tiba di Sukabumi 16.30 WIB
- Berangkat 19.50 WIB tiba di Sukabumi 22.00 WIB 

Keberangkatan dari Stasiun Sukabumi
- Berangkat 05.30 WIB tiba di Bogor 07.34 WIB
- Berangkat 11.25 WIB tiba di Bogor 13.29 WIB
- Berangkat 17.25 WIB tiba di Bogor 19.29 WIB 

(Fhm)