ASDP Gelar Talkshow untuk Siswa SMA, Beri Edukasi Pengembangan Diri

  • Oleh : Dirham

Senin, 17/Okt/2022 10:47 WIB
ASDP Professional Heroes at Work`. Kegiatan kali ini diadakan di SMAN 1 Sabang, Provinsi Aceh. ASDP Professional Heroes at Work`. Kegiatan kali ini diadakan di SMAN 1 Sabang, Provinsi Aceh.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menggelar kegiatan talkshow dan sharing session 'A Day to Inspire: Becoming ASDP Professional Heroes at Work'. Kegiatan kali ini diadakan di SMAN 1 Sabang, Provinsi Aceh, Sabtu (15/10).

Kegiatan talkshow dan sharing session ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) ASDP mendukung pendidikan bermutu sesuai dengan rumusan Sustainable Development Goals nomor 4, di mana sharing session terkait profesi dapat membekali serta mengembangkan SDM melalui pelajar dari tingkat SD hingga SMU hingga menjadi pribadi unggul.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi selaku narasumber dalam sharing session Inspiring Day menuturkan pihaknya ingin memperkenalkan lebih dekat kehadiran BUMN penyedia jasa penyeberangan dan pelabuhan yang menjadi tulang punggu akaes transportasi masyarakat dan distribusi logistik antar pulau.

Ira menambahkan Sabang sendiri merupakan wilayah kerja di Bumi Serambi Makkah di mana kapal ASDP melayani masyarakat Aceh, khususnya dari kota Banda Aceh menuju Sabang.

"Anak-anak pelajar SMAN 1 dan seluruh masyarakat Sabang ini telah merasakan bagaimana ASDP berperan aktif, menyeberangkan orang dan kendaraan serta barang untuk sampai di tujuan masing-masing, yang salah satunya di Sabang ini. Semoga kehadiran dan layanan ASDP disini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, dan kami berharap kepada pelajar-pelajar di Sabang ini agar menjadikan ASDP sebagai perusahaan pilihan untuk bekerja kelak di masa depan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (17/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Ira menyampaikan motivasi dan inspirasi kepada para pelajar untuk mulai membangun karakter sebagai bekal masa depan.

"Anak-anak pelajar sudah harus memikirkan dan memilih masa depannya untuk menjadi seorang leader, tidak ada perbedaan kesempatan baik bagi perempuan maupun laki-laki," ungkapnya.

Ira mengatakan stigma dan persepsi masyarakat menjadi tantangan yang selalu dihadapi pemimpin perusahaan.

"Saya seringkali ditanyakan bagaimana tantangan pemimpin perempuan, sebaliknya kenapa laki-laki tidak pernah ditanyakan demikian? Apakah karena perempuan memiliki peran penting dalam keluarga? Tetapi bukankah laki-laki juga demikian?," ucapnya.

Selain mengunjungi sekolah-sekolah untuk memberikan motivasi kepada pelajar, ASDP juga menggelar kegiatan Program Goes To Campus sebagai upaya merekrut SDM dari perguruan tinggi, seperti yang dilakukan di Universitas Pattimura di Ambon beberapa waktu yang lalu.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menuturkan kegiatan ini sejalan dengan nilai inti Kolaboratif, yang merupakan bagian dari core values AKHLAK BUMN. Core values AKHLAK, yang terdiri atas unsur Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif itu merupakan program transformasi dan pengembangan SDM dari Kementerian BUMN.

"Dengan menggandeng pihak sekolah dan perguruan tinggi, ASDP secara konsisten membangun kolaborasi untuk memajukan masyarakat pelajar Indonesia hingga menjadi SDM yang unggul. Diharapkan ajang sharing antara dunia usaha dan pendidikan ini dapat memacu wawasan dan kapabilitas masyarakat di sekitar wilayah operasi ASDP," tuturnya.

Shelvy menerangkan ajang talkshow dan sharing ini sekaligus merupakan upaya menjembatani kesenjangan (miss match) antara dunia studi dan kerja.

"Dengan mengenalkan ASDP kepada para pelajar dan mahasiswa, diharapkan mereka tertarik, lebih mengenal layanan ASDP, budaya kerja ASDP, dan apabila tertarik nantinya bisa bergabung menjadi bagian keluarga ASDP tentunya jika sesuai minat dan bakatnya. Ini sejalan dengan program pemerintah dalam mengurangi disparitas dunia pendidikan dan dunia usaha yang menyumbang angka pengangguran di Indonesia," paparnya.

Shelvy menambahkan lewat kegiatan tersebut, ASDP ingin memberikan semangat dan motivasi kepada siswa SMAN 1 Sabang untuk tidak pantang menyerah dalam meraih impian dan cita-cita, serta memberikan gambaran terkait pekerjaan yang ada di lingkup ASDP.

"ASDP akan konsisten dalam menerapkan program tanggung jawab sosial dan berkontribusi nyata dalam pemberdayaan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, keberlangsungan pendidikan dan kapabilitas untuk terwujudnya kegiatan operasi perusahaan yang berkelanjutan," tandasnya.

Ajang Inspiring Day itu turut dihadiri Direktur Teknik dan Fasilitas dan putra daerah Aceh Kusnadi C Wijaya, Senior General Manager Regional I Yudhi Yanuar, General Manager Cabang Aceh Agus Djoko Triyanto dan General Manager Cabang Singkil Yefri Hendri. (ds/sumber Detik.com)